Berita Pangkalpinang

Waspada, BMKG Perkirakan Beberapa Minggu Ke Depan Titik Api Semakin Tinggi

Jumlah titik api di Bangka Belitung (Babel) masih fluktuatif (naik turun).

Waspada, BMKG Perkirakan Beberapa Minggu Ke Depan Titik Api Semakin Tinggi
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang Kurniaji 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang Kurniaji mengatakan, jumlah titik api di Bangka Belitung (Babel) masih fluktuatif (naik turun).

Dua minggu yang lalu ia menyatakan  jumlah titik api di Babel mencapai 25 titik, sedangkan beberapa hari ini mencapai kisaran 7 sampai 15 titik.

Ia juga menginformasikan jika beberapa hari ke depan Provinsi Babel akan mulai memasuki puncak musim panas, sekitar di minggu ke empat sampai dengan minggu ke tiga bulan September tahun 2019.

"Mungkin potensi terbentuknya titik panas akan semakin tinggi di beberapa minggu ke depan," kata Kurniaji, Rabu (21/8) kepada Bangkapos.com.

Ia menjelaskan jika, setiap objek yang memancarkan radiasi thermal ke udara akan tertangkap sebagai titik panas oleh satelit, dan tidak semua titik panas adalah titik api.

Dikarenakan setiap objek yang berasal dari aktifitas manusia, seperti pembukaan lahan dengan cara dibakar, bisa juga terjadi oleh aktifitas alami seperti pergesekan ranting pohon dan semak. Bisa menimbulkan titik panas.

Namun dari semua objek tersebut yang bisa tertangkap sebagai titik panas harus memiliki luas sekitar 2 Ha, sehingga tidak semua kejadian titik api dalam beberapa hari terakhir ini bisa tertangkal oleh satelit sebagai titik panas.

"Karena memang sebagian besar kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Babel dalam minggu terakhir ini, hanya memiliki luas 1,5 hektar," ungkap Kurniaji. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved