Berita Sungailiat

Api Berkobar Malam Hari, Satu Hari Tiga Lokasi Terbakar

Api berkobar lagi di malam hari. Sekitar 1 hektare hutan semak belukar hangus terbakar.

Api Berkobar Malam Hari, Satu Hari Tiga Lokasi Terbakar
(IST/Fauzi).
Kebakaran (Karhutla) di sekitar Kolong Kapal, perbatasan Kelurahan Sinarjaya Jelutung dan Kelurahan Matras Sungailiat Bangka, Rabu (21/8/2019) malam 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Api berkobar lagi di malam hari. Sekitar 1 hektare hutan semak belukar hangus terbakar. Karhutla ini terjadi di kawasan Kolong Kapal perbatasan Kelurahan Sinarjaya Jelutung dan Kelurahan Matras Sungailiat Bangka, Rabu (21/8/2019) malam.

Kepala Kantor Satpol PP Kabupaten Bangka, Dalyan Amrie diwakili Kabid Damkar M Fauzi dikonfirmasi Bangka Pos, Rabu (21/8/2018) malam memastikan, api berkobar malam hari membuat proses pemadaman membutuhkan waktu yang relatif lambat.

Namun demikian, Tim Damkar berupaya melakukan penyiraman air di lokasi Karhutla, seefektif mungkin.

"Karhutla jalan arah Matras (antara Sinarjaya Jelutung Matras), sekitar Kolong Kapal Sungailiat. Api akhirnya dapat dipadamkan," kata Fauzi.

Di lokasi ini sekitar 1 hektare lahan hangus terbakar. Proses pemadaman api menggunakan tiga unit mobil Damkar dan satu unit mobil penyuplai air, diawaki dua regu personil.

"Pemadaman dibantu rekan-rekan Babinsa, Babinkamtibmas, pihak desa atau kelurahan serta warga masyarakat sekitarnya," katanya.

Hingga Rabu (21/8/2019) malam, belum diketahui penyebab munculnya api. Diduga kebakaran itu karena ulah orang tak beetangung-jawab.

"Kami masih cari tahu juga serta informasi terkait kebakaran tersebut. Dugaan sementara Karhutla ini ada orang tidak bertanggung-jawab yang sengaja atau iseng membakar. Apalagi beberapa titik lokasi kebakaran semuanya tidak jauh dan berbatasan dengan jalan raya," katanya.

Sementara itu, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serupa juga terjadi di dua titik lainnya di hari yang sama, Rabu (21/8/2019) siang.

"Karhutla di di belakang Kantor Camat Pemali, sekitar Pukul 14.00 WIB, luas lahan terbakar sekitar 1 hektare. Kemudian Karhutla juga terjadi di sekitar Dusun Tutut Desa Penyamun Kecamatan Pemali, sekitar Pukul 15.30 WiB di lahan sekitar 1 hektare," jelas Fauzi memastikan pada akhirnya api berhasil dipadamkan.

(Bangkapos/Ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved