Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bangka Belitung Akan Miliki Jalan Trans Bangka, Pangkalpinang-Batuberiga-Sadai dan Trans Belitung

Kabar gembira bagi seluruh masyarakat khusunya di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Psalnya, daerah ini akan memiliki jalan trans Bangka dan Belitung

bangkapos.com/dedy q
Kepala Dinas PUPR Babel Noviar Ishak 

Bangka Belitung Akan Miliki Jalan Trans Bangka, Pangkalpinang-Batuberiga-Sadai dan Trans Belitung

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kabar gembira bagi seluruh masyarakat khusunya di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Pasalnya, daerah ini akan memiliki jalan trans Bangka  dan Belitung.

Saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kepulauan Bangka Belitung sedang menyusun kajian Analisis Menenai Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan jalan Pangkalpinang-Batuberiga-Sadai (bagian dari Jalan Trans Bangka) dan pembangunan Jalan Trans Belitung.

Kepala Dinas PUPR Babel Noviar Ishak mengatakan, Amdal Pangkalpinang-Batuberiga-Sadai diperlukan untuk mendukung pembangunan jalan Trans Bangka nantinya.

"Totalnya ada 600 kilometer. 400 km di Bangka dan 200 km di Belitung. Sekarang kami sedang lakukan kajian dulu, studi lingkungannya, dan ini akan berkaitan dengan dana pembangunan tersebut," kata Noviar, Kamis (22/8/2019)

Rencananya Trans Bangka dan Trans Belitung akan didanai menggunakan APBN. Noviar bilang, Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah membicarakan pendanaan ini.

Pemprov nantinya hanya akan melakukan kajian-kajian awal rencana pembangunab tersebut.

"Kedua jalan trans ini maunya kami pakai APBN. Tahapan ini masih panjang, masih perku Feasibility Study, Detail Enginering Design (DED)," ujar Noviar.

Saat ini, Jalan Trans Bangka yang juga akan dihubungkan adalah di bagian Selatan Pulau Bangka. Saat ini jalan di Desa Sebagin, Basel, sudah dalam tahap DED.

Ruas selatan ini akan menyambung dengan ruas jalan lingkar Sadai yang Amdal-nya tengah disusun saat ini . "Kalau tahapannya lancar dan tidak ada kendala, jalan trans Bangka dan Belitung ini harusnya 2021 sudah mulai jalan," kata Noviar.

Menurut Noviar, Jalan Trans Bangka dan Belitung diperlukan untuk mendukung konektivitas Babel yang dinilai masih kurang. Misalnya, Bangka Selatan-Muntok tak terhubung langsung melalui jalan lingkar.

Saat ini, akses kedua daerah itu masih harus melalui jalur tengah atau via Pangkalpinang. "Ke depan tidak perlu lagi melalui jalan di tengah, cukup melalui jalan lingkar mutar, ring-road. Untuk dari Muntok ke Belinyu nanti rencananya akan pakai jembatan. Belitung juga hampir sama, jalannya melingkar, ringroad," ucap Noviar.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedy Qurniawan
Editor: Evan Saputra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved