Eksklusif

Keluarga Merasa Iba Ketika Tony Wen Tak Pernah Dapat Penghargaan

Semasa pembuangan Bung Karno di Menumbing Bapak Tony Wen alm. Ada Menyumbang 95 ribut gulden kpd Bung Karno seperti tertulis dalam riwayat hidup nya.

Keluarga Merasa Iba Ketika Tony Wen Tak Pernah Dapat Penghargaan
Istimewa
Tony Wen 

TIDAK banyak yang mengetahui sejarah Tony Wen, seorang pria punya catatan sejarah yang heroik di masa perjuangan. Satu di antara perannya adalah membantu Sukarno selama pengasingan di Bangka.

Pada masa revolusi, Tony Wen dikenal sebagai pemimpin dari Barisan Pemberontak Tionghoa (BPTH) di Solo.

Di sisi lain, sepengakuan mantan Wakil Presiden Adam Malik dalam Mengabdi Republik Volume 2 (1978:5), Tony juga menjadi penyerang tengah kesebelasan PSIS (Solo) yang kala itu cukup ternama.

Tak cukup di situ, Tony Wen sebagai pedagang juga turut menyediakan logistik bagi tentara Indonesia yang saat itu morat-marit.

Tony juga tergabung dalam International Volunteers Brigade (IVB) alias Brigade Internasional, kesatuan tentara yang terdiri dari orang-orang (keturunan) berbagai macam bangsa Asia (Cina, Filipina, Malaysia, India, dan Pakistan).

Di karir politiknya, Tony Wen pernah menjadi anggota DPR (konstituante) mewakili PNI, pernah menjabat di Kabinet Interim Demokrasi dan pada tahun 1955 dan pernah masuk di Kabinet Ali Sastroamidjojo.

Jejak Sejarah Tony Wen, Sosok yang Diam-diam Titip Uang untuk Sukarno Saat Diasingkan ke Bangka

Tony Wen juga terkenal sebagai pesepakbola (pemain PSSI) dan pendiri Perbasi.

Tony Wen meninggal dunia karena sakit pada 30 Mei 1962. 

Hingga saat ini belum ada penghargaan apapun yang diperoleh Tony Wen yang kini namanya disematkan sebagai nama jalan di Kota Pangkalpinang. 

Wartawan Bangka Pos, Muhammad Rizky Ramadhan berhasil melakukan wawancara melalui sambungan WhatsApp, putra mendiang Tony Wen, Bun Tien Ku atau Tony Teuku Wen yang menetap di Australia, 

Halaman
123
Penulis: Muhammad Rizki
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved