Berita Pangkalpinang

Komunitas Babel Sosial Peduli Bantu Bayi Penderita Infeksi Otak, Biaya Pengobatan Habis Rp 16 Juta

Keluarga ini tidak mengantongi BPJS Kesehatan, terpaksa biaya berobatnya menggunakan uang pribadi.

Komunitas Babel Sosial Peduli Bantu Bayi Penderita Infeksi Otak, Biaya Pengobatan Habis Rp 16 Juta
Istimewa
Foto bayi Abid saat dirawat 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Abid Rajendra Putra, bayi 10 bulan ini terbaring lemah di Rumah Sakit Siloam Pangkalpinang. Putra semata wayang pasangan Awal (20), dan Riski (17) menderita penyakit infeksi otak.

Orang tuanya dari keluarga tak mampu terpaksa membawa Abid ke Rumah Sakit Siloam, karena disebut-sebut rumah sakit pemerintahan yang berada di Bangka Belitung sudah penuh saat itu.

Keluarga ini tidak mengantongi BPJS Kesehatan, terpaksa biaya berobatnya menggunakan uang pribadi. Namun apa daya, himpitan ekonomi membuat beban keluarga ini semakin berat.

Kurang lebih selama tiga hari perawatan di Rumah Sakit Siloam sudah menghabiskan biaya Rp 16 juta rupiah.

"Kami dihubungi tanggal 19 Agustus siang hari, pada malam hari kami langsung merujuk ke Rumah Sakit Siloam. Kami dihubungi saudara dari Abid untuk meminta bantuan," ujar Meiliani Pitriana, Ketua Komunitas Babel Sosial Peduli, Kamis (22/8/2019).

Anggota komunitas Babel peduli sosial
Anggota komunitas Babel Sosial Peduli (Istimewa)

Saat ditemui oleh Babel Sosial Peduli keadaan Abid cukup memprihatinkan dan sangat perlu uluran tangan agar dapat meringankan beban keluarga ini menyelesaikan biaya rumah sakit.

Upaya yang dilakukan Babel Sosial Peduli adalah berusaha meminta bantuan dari pemerintah daerah, namun hasilnya belum sesuai yang diharapkan.

"Kemarin kami menghubungi Bupati Bangka Barat, Pak Markus tetapi belum ada respon," ungkap Meiliani.

Sehingga untuk saat ini biaya senilai Rp 16 juta rupiah tersebut diperoleh dari dana pribadi orangtua, sumbangan Babel Sosial Peduli, Dewan Pendidikan, dan beberapa masyarakat.

Mereka juga berupaya memindahkan Abid ke Rumah Sakit Provinsi Babel, tetapi harus membayar biaya di Rumah Sakit Siloam terlebih dulu.

Selain itu Babel Sosial Peduli akan berencana melakukan penggalangan dana di beberapa titik lampu merah yang ada di Pangkalpinang.

Ada baiknya masyarakat untuk memberikan sedikit rezekinya agar dapat meringankan beban keluarga Abid. 

(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved