Berita Pangkalpinang

1890,99 Hektar Lahan di Bangka Belitung Dibebaskan dalam Program TORA

Seluas 1.890,99 hektar lahan kawasan hutan akan dibebaskan untuk masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

1890,99 Hektar Lahan di Bangka Belitung Dibebaskan dalam Program TORA
Bangkapos.com/Bryan Bimantoro
Kepala Balai Pemantapan Hutan XIII Wilayah Pangkalpinang, Mursid Wibawa 

BANGKAPOS.COM-- Terkait program pemerintah Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) yang dicanangkan oleh pemerintah, direncanakan seluas 1.890,99 hektar lahan kawasan hutan akan dibebaskan untuk masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  

Menurut Kepala Balai Pemantapan Hutan XIII Pangkalpinang, Mursid Wibawa, program ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum atas penguasaan oleh masyarakat dalam kawasan hutan.

"Program ini juga untuk menyelesaikan sengketa lahan warga yang selama ini ada di dalam kawasan hutan," kata Mursid ketika ditemui Bangkapos.com pada Jumat, (23/8/2019) di kantornya.

Masyarakat yang mempunyai lahan di kawasan hutan diharap melakukan permohonan ke Dinas Kehutanan Provinsi untuk kemudian dinilai oleh tim inventarisasi dan verifikasi.

"Mengenai luas lahan nanti akan didaftarkan kolektif dari desa karena ada surat keterangan dari desa juga nanti mengenai kepemilikan lahan itu," ungkap Mursid.

Mengenai dampak sosial yang terjadi, Mursid menilai dengan adanya program ini bisa meningkatkan produktifitas masyarakat, karena lahan yang semula bersengketa bisa dengan mudah digunakan oleh masyarakat.

"Untuk dampak ke lingkungan mungkin tidak ada, karena pada dasarnya ini hanya perubahan status saja," kata Mursid.

Untuk luasan lahan di program TORA ini yang terluas ada di Kabupaten Bangka sebesar 680,04 hektar. Bangka Selatan 313,82 hektar, Belitung Timur 307,43 hektar, Belitung 274,86 hektar, Bangka Tengah 193,05 hektar, dan Bangka Barat 121,39 hektar. (Bangkapos.com/Cr1)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved