Advetorial

Bangka Tengah Terima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat dari Kemenkes dan Kemendagri

Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyambangi Kabupaten Bangka Te­ngah dalam rangka Verifikasi Kabupaten Sehat di Kabupaten Bangka Tengah

Bangka Tengah Terima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat dari Kemenkes dan Kemendagri
Ist/Bangka Tengah Terima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat dari Kemenkes dan Kemendagri
Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyambangi Kabupaten Bangka Te­ngah dalam rangka Verifikasi Kabupaten Sehat di Kabupaten Bangka Tengah pada Kamis, (22/8) kemarin 

BANGKAPOS.COM-- Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyambangi Kabupaten Bangka Te­ngah dalam rangka Verifikasi Kabupaten Sehat di Kabupaten Bangka Tengah pada Kamis, (22/8) kemarin.

Kegiatan Verifikasi Kabupaten Sehat di Bangka Tengah berlansung di ruang rapat VIP Kantor Bupati Bangka Tengah. Kegiatan verifikasi diagendakan dilakukan selama dua hari yakni pada Kamis (22/8) kemarin dan Jumat (23/8) hari ini.

Dalam kegiatan verifikasi di ruang VIP, nampak hadir Sekretaris Daerah Bangka Tengah Sugianto bersama perwakilan Tim Penilai Kabupaten Sehat, perwakilan Pembina Kabupaten Sehat Provinsi Bangka Belitung, Perwakilan Forum Selawang Segantang Sehat, Kepala OPD se-Kabupa­ten Bangka Tengah atau yang mewakili, Camat se-Kabupaten Bangka Tengah dan PKK Bangka Tengah dan tamu undangan lainnya.

Mewakili Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah, Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Sugianto menyampaikan persiapan-persiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Bangka Tengah dalam mempersiapkan diri sebagai kabupaten sehat telah dimulai sejak 2018 lalu.

Tak hanya kesehatan secara personal lanjut Sekda, namun dengan menjaga lingkungan alam tanpa paksaan atau denga kata lain dengan kesadaran sendiri dan secara berkelanjutan maka predikat kabupaten sehat akan dengan mudah dicapai.

“Menuju kabupaten sehat diharapkan dapat menjadikan Bangka Te­ngah menjadi kabupaten yang sehat tak hanya secara fisik, tetapi dengan hati dan perilaku warganya yang juga baik dan bersih,” lanjut Sugianto.

Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyambangi Kabupaten Bangka Te­ngah dalam rangka Verifikasi Kabupaten Sehat di Kabupaten Bangka Tengah pada Kamis, (22/8) kemarin
Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyambangi Kabupaten Bangka Te­ngah dalam rangka Verifikasi Kabupaten Sehat di Kabupaten Bangka Tengah pada Kamis, (22/8) kemarin (ist/Bateng Terima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat dari Kemenkes dan Kemendagri)

Sugianto juga tak lupa mengucapkan apresiasinya dan penghargaannya kepada semua OPD yang turut serta secara aktif guna mewujudkan kabupaten sehat dan selalu senantiasa menjaga kerukunan warga dan pemerintahan di Bangka Tengah.

Dalam waktu bersamaan, Tim Penilai Kabupaten Sehat di Bangka Tengah yang yang dilakukan oleh Imam Surahman selaku Koordinator Tim Verifikasi yang berasal dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan dan Devi yang merupakan perwakilan Kementerian Dalam Negeri menyampaikan beberapa definisi termasuk di dalamnya tujuan dilakukannya kabupaten sehat.

Tujuan kabupaten/kota sehat dijelaskan Imam sengaja dilakukan untuk mencapai kabupaten/kota yang sehat yang di dalamnya dihuni oleh masyarakat yang mempunyai kondisi kesehatan dan kesejahte­raan yang terpenuhi dan terukur.

Kabupaten Bangka Tengah hingga saat ini sudah dalam proses verifikasi, sebelumnya proses administrasi Kabupaten Bangka Te­ngah sudah dianggap baik dan lolos hingga tahap verifikasi.
“Dalam dua hari ini kami bersama tim akan lakukan pengecekan tentang bagaimana program-program kabuapten sehat di Bangka Te­ngah, semoga hasilnya adalah yang terbaik bagi Bangka Tengah,” ujar Imam di ruangan rapat.

Imam juga berharap Kabupaten Bangka Tengah dapat menjadi kabupaten stimulatif bagi kabupaten/kota lainnya di Indonesia dalam mencapai penghargaan-penghargaan atau pencapaian yang selama ini sudah diterima Kabupaten Bangka Tengah.

“Dalam verifikasi lapangan ini, bukan hasil yang menjadi poin utamanya namun yang paling penting adalah bagaimana pemerintah dan masyarakat untuk saling berhubu­ngan untuk mencapai kesejahteraan warga,” lanjut Imam.

Setelah melakukan kunjungan lapangan di beberapa lokus di Bangka Tengah yaitu seperti di Sanimas Simpang Perlang, KWT Mentari Desa Nibung.

Imam menyebutkan beberapa titik tersebut cukup mencerminkan kabupaten sehat, dimana pada Sanimas ada upaya masyarakat untuk melakukan pengelolaan limbah domestik secara bersama sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

Tak hanya itu, dalam kunjungan ke KWT, terdapat beberapa program pemberdayaan masyarakat untuk melakukan optimalisasi tanaman yang bernilai ekonomi dan dapat membantu pemenuhan gizi masyarakat. (adv/r3/mib)

Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved