Pesan Keragaman di Balik Meriahnya Pawai Pembangunan Bangka Barat yang Dihadiri Bupati Markus

Semarak pawai pembangunan dalam rangka menyemarakan HUT ke-74 Republik Indonesia

Pesan Keragaman di Balik Meriahnya Pawai Pembangunan Bangka Barat yang Dihadiri Bupati Markus
Ist/Humas Pemkab Bangka Barat
Bupati Bangka Barat, Markus SH, menerima bingkisan makanan khas Bangka Barat dari salah satu peserta yang melintasi panggung utama, Kamis (22/8) 

BANGKAPOS.COM-- Semarak pawai pembangunan dalam rangka menyemarakan HUT ke-74 Republik Indonesia digelar di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Bangka Barat (Babar).

Di Kota Muntok, ada pesan persatuan yang tersirat dari meriahnya pawai pembangunan 2019 yang digelar, Kamis (22/8).

Indonesia memang dilahirkan beragam. Ini terlihat ketika 90 regu peserta pawai pembangunan mempertunjukkan warna pakaian, atraksi, dan bunyi-bunyian yang berbeda. Justru dari sini memunculkan kemeriahan, keragaman dan harmoni.

"Pawai pembangunan yang ada menunjukkan pada dunia luar bahwa Bangka Barat ialah daerah yang plural, damai," kata Bupati, Markus SH.

Markus mengapresiasi pawai pembangunan ini selain sebagai ajang perlombaan yang menghibur, juga kreasi yang disajikan menegaskan pesan persatuan dan kesatuan masyarakat Bangka Barat yang sejatinya terus terpelihara meski berbeda latar belakang agama, adat, dan budaya.

"Selain itu, pawai ini diadakan sebagai wujud usaha melestarikan dan memperkaya keanekaragaman budaya yang ada untuk menunjang pembangunan menuju Bangka Barat Hebat," tandas Markus.

Kegiatan pawai pembangunan dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI ini dibagi dalam beberapa kategori yakni, pawai dengan berjalan kaki, pawai kendaraan bermotor roda dua, kendaraan bermotor roda empat, serta kategori SD, SMP, SMA, OPD dan umum.

Uniknya, pesan keragaman dan harmoni ini justru disampaikan oleh siswa SD dan SMP lewat atraksinya. SD Negeri 8 Muntok misalnya, dengan mengusung tema 'Kita Tingkatkan Indonesia Bersatu di Bawah Panji Merah Putih dan Semboyan Bhineka Tunggal Ika' para siswa menyampaikan pesan persatuan yang harus digenggam erat di tengah keberagaman masyarakat Bangka Barat.

SDN 8 Muntok, peserta pawai pembangunan Bangka Barat dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia
SDN 8 Muntok, peserta pawai pembangunan Bangka Barat dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia (Ist/Humas Pemkab Bangka Barat)

Hal yang sama ditunjukan SMP IT Bina Insan Cendikia Muntok. Mengusung tema 'Melalui HUT RI ke-74 Kita Wujudkan Keharmonisan Budaya Melayu dan Tionghoa untuk Bangka Barat Hebat' para siswa melakukan display di panggung utama yang juga dihadiri Bupati Markus SH dengan menggaungkan pesan persatuan.

Keunikan dan ragam budaya yang ditampilkan oleh peserta pawai pembangunan Bangka barat HUT RI ke-74 Republik Indonesia.
Keunikan dan ragam budaya yang ditampilkan oleh peserta pawai pembangunan Bangka barat HUT RI ke-74 Republik Indonesia. (Ist/Humas Pemkab Bangka Barat)

"Rombongan ini bagus ya, mereka menyajikan semangat kerukunan lewat atribut miniatur Masjid Jami dan Klenteng Kong Fuk Miau yang merupakan simbol perekat kerukunan masyarakat Bangka Barat," ujar salah satu warga di lokasi pawai yang menolak disebutkan namanya.

Kepala Kantor Kesbangpol Bangka Barat Yusup Yudono melaporkan, animo masyarakat dalam pawai pembangunan tahun ini sangat besar.

Salah satu kelompok peserta berhenti di depan panggung kehormatan pawai pembangunan Bangka Barat  dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia, Kamis(22/08).
Salah satu kelompok peserta berhenti di depan panggung kehormatan pawai pembangunan Bangka Barat dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia, Kamis(22/08). (Ist/Humas Pemkab Bangka Barat)

Ini terbukti dari jumlah penonton yang membludak, juga partisipasi peserta dari berbagai kalangan sebanyak 90 regu terdiri dari peserta pejalan kaki 47 regu, kendaraan roda dua 21 regu, dan roda empat 22 regu," kata Yusup dalam laporannya. (Bidang Humas Pemkab Bangka Barat

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved