Ternyata Ini Pelanggaran yang Dilakukan Lima Kapal Hingga Ditangkap Bakamla RI

Sestama Bakamla RI, Laksamana Muda (Laksda) S Irawan MM membeberkan dugaan pelanggaran yang dilakukan lima kapal yang ditangkap berhasil ditangkap ter

Ternyata Ini Pelanggaran yang Dilakukan Lima Kapal Hingga Ditangkap Bakamla RI
bangkapos.com/ferylaskari
Suasana konfrensi, Jumat (24/8/2019), tampak Laksda S Irawan mengenakan kemeja putih, berpangkat dua bintang 

Ternyata Ini Pelanggaran yang Dilakukan Lima Kapal Hingga Ditangkap Bakamla RI

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebuah kapal isap produksi (KIP) dan empat kapal pensuplai BBM solar di Perairan Babel tersandung masalah.

Sestama Bakamla RI, Laksamana Muda (Laksda) S Irawan MM membeberkan dugaan pelanggaran yang dilakukan lima kapal yang berhasil ditangkap tersebut.

"Yang pertama kapal timah (KIP), yang empat kapal BBM yang diduga melaksanakan kegiatan ilegal di Perairan Bangka Belitung ini," kata Sestama Bakamla RI, Laksamana Muda (Laksda) S Irawan MM saat konferensi pers di Kapal Bakamla RI di Perairan Pelabuhan Tanjunggudang Belinyu Bangka, Jumat (23/8/2019).

"Adapun kesalahannya yang pertama mengenai SIUP, yang kedua mengenai transpor BBM di tengah laut tanpa izin semuanya. Kemudian juga kalau dilihat kualitas minyak (solar) tidak sesuai (standar) Pertamina. Kemudian perizinan kapal itu sendiri tidak terdaftar di Pertamina, kapal bahan bakar tengker (SPOB/MT) tersebut," kata Irawan menyebut empat dugaan kesalahan pertama.

Irawan menambahkan, masih ada dua dugaan kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan oleh lima kapal tersebut.

"Kemudian izin perniagaan minyak pun tidak ada di Pertamina. Sedangkan yang keenam kesalahannya, timah, untuk kapal timah itu sendiri (KIP) melaksanakan pengolahan dan penambangan tanpa izin di sekitar sini (Babel)," katanya.

Terkait temuan itu, Bakamla melaksanakan penindakan. Ia menegaskan apapun pelanggaran hukum yang terjadi di negara ini, terutama menyangkut BBM ilegal dan Minerba, harus diberikan sanksi.

"Dan ini adalah perintah Presiden RI melalui Menteri ESDM dan Bakamla menindak lanjuti," katanya. (bangkapos.com/ferylaskari).

Penulis: ferylaskari
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved