Berita Sungailiat

Ciptakan Lingkungan Bersih dan Asri, Pepelingasih Babel Gelar Gelegar Pemuda Satu Negeri

Pemuda peduli lingkungan asri dan bersih (Pepelingasih) Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Gelegar Pemuda Satu Negeri

Ciptakan Lingkungan Bersih dan Asri, Pepelingasih Babel Gelar Gelegar Pemuda Satu Negeri
Ist/Pepelingasih Babel
Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Bangka Belitung berfoto bersama usia melaksanakan kegiatan Gelegar Pemuda Satu Negeri dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (24/8/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Pemuda peduli lingkungan asri dan bersih (Pepelingasih) Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Gelegar Pemuda Satu Negeri  dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan  ke-74 Republik Indonesia (RI) dan Hari Maritim Nasional ke-56 dengan kegiatan yang dilakukan seperti aksi bersih di wilayah estuari, penanaman, mangrove dan edukasi pemuda sadar lingkungan.

Kegiatan tersebut diketuai oleh Orie Fachridho Hermawan, sebagai koordinator dalam pelaksanaan kegiatan gelegar pemuda satu negeri didampingi oleh Evan Savitri dari Dispora Provinsi Bangka Belitung  serta tim inisiator yaitu Pepelingasih Bangka Belitung.

Kegiatan ini juga diikuti Maritim Muda dan Mahacita Polman Babel serta didukung penuh dari Dispora Provinsi Bangka Belitung atas Pergerakan Pemuda Sebagai Pelopor di Bidang Lingkungan,   yang dilaksanakan pada Sabtu (24 8/2019) di Daerah Kolong Buntu di jalan Timah Raya Kota Sungailiat Kabupaten Bangka.

Keikutsertaan volunteer dalam kegiatan Gelegar Pemuda Satu Negeri ini berasal dari para pelajar sekolah yang bergerak di bidang lingkungan di sekolahnya masing-masing.

Dalam kegiatan ini volunteer yang tergabung  sebanyak 80 pelajar SMA dari beberapa sekolah di Kota Sungailiat yaitu MAN 1 Bangka, SMA N 1 Sungailiat, SMK N 2 Sungailiat, SMA Setia Budi, Sahabat Alam Mendo Barat dan Forum Genre Sepeintu Sedulang.

Orie Fachridho Hermawan  selaku koordinator kegiatan berharap dengan adanya kegiatan seperti aksi bersih ini yang memang langkah awal untuk menularkan virus pepelingasih yaitu pemuda peduli lingkungan asri dan bersih sehingga tidak hanya disaat kegiatan ini saja tetapi teman – teman volunteer harus  menerapkan rasa peduli lingkungan di aktivitas sehari-hari.

"Mereka setidaknya jika ketemu sampah dijalan untuk membuangnya di tempat sampah dan tidak membuang sampah sembarangan karna mereka secara tidak langsung akan mengerti dari aksi bersih ini bagaimana rasanya untuk mengambil sampah yang ada di lingkungan sekitar yang terlihat bersih padahal tetap saja  terdabat sampah dikarenakan kebiasaan untuk membuang sampah sembarangan,"ungkap Orie Fachridho Hermawan kepada wartawan, Minggu (25/8/2019).

Dengan adanya penanaman mangrove upaya yang dilakukan para volunteer ini untuk menjaga ekosistem daerah estuari agar terjaga kelestariannya. Selain itu volunteer  juga diberikan bekal dalam bagaimana untuk menjadi pemuda sadar lingkungan dengan itu diharapkan mereka akan menerapkan edukasi yang mereka terima dan dilakukan di lingkungan mereka juga.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda Dispora Bangka Belitung, Ferdiyan Hermawan Loebis , mengapresiasi kegiatan Pepelingasih Bangka Belitung sebagai koordinator dalam kegiatan gelegar Pemuda satu Negeri yang dilaksanakan oleh 34 provinsi di masing-masing daerah . 

"Dari yang dilihat dengan semangatnya volunteer yang tergabung saya sangat senang akan hal ini dan akan selalu mendukung serta memberikan fasilitas yang bisa diberikan di  setiap kegiatan, kepemudaan apalagi yang bersifat positif hingga harapan saya mereka mendapatkan dukungan dari berbagai pihak dan berbagai lapisan masyarakat,"harap Ferdiyan. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved