Berita Pangkalpinang

Gubernur Bangka Belitung dan Dirut ASDP Teken MoU untuk Konektivitas Pulau Kecil di Basel-Belitung

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dengan Dirut PT ASDP Ira Puspa Dewi meneken MoU terkait peningkatan konektivitas penyeberangan

Gubernur Bangka Belitung dan Dirut ASDP Teken MoU untuk Konektivitas Pulau Kecil di Basel-Belitung
(BANGKA POS / ist/ Dok. Kadishub Babel Tajuddin)
Penandatangan MoU antara Gubernur Babel Erzaldi dengan Dirut PT ASDP Ira Puspa Dewi di kantor pusat ASDP, Jakarta, Senin (26/8/2019). 

BANGKAPOS.COM- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dengan Dirut PT ASDP Ira Puspa Dewi meneken MoU terkait peningkatan konektivitas penyeberangan antar pulau-pulau kedil Bangka Selatan-Belitung dan sekaligus promosi pariwisata, Senin (26/8/2019) sore di kantor pusat ASDP, Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Babel Tajuddin mengatakan, dalam waktu dekat kedua belah pihak akan melakukan perjanjian kerja sama (PKS).

Penyeberangan ini rencananya akan dilayani oleh kapal roro. Jalur yang akan dilalui nantinya adalah melalui Sadai kemudian ke Pulau Leparpongok, Pulau Gresik (Belitung), dan Pelabuhan Tanjung Ru (Belitung).

"Setelah MoU ini akan ada PKS. Dan akan direalisasikan secepatnya. Sehingga di 2020, harapan kami wilayah di pulau-pulau kecil di dua daerah ini bisa terkoneksi," kata Tajuddin kepada Bangka Pos, Senin (26/8/2019).

Tajuddin mengatakan, penyeberangan ini nantinya akan menjadi angkutan komodutas keputusan masyarakat sehingga bisa menekan harga.

"Penyebrangan ini akan transit di beberapa pulau itu," katanya.

Selain itu, kapal Roro ini juga akan difungsikan untuk pelayanan kesehatan. Selama transit di pulau-pulau kecil, kapal yang membawa petugas medis akan memberikan pelayanan kesehatan.

"Jadi ini multifungsi. Setelah MoU ini akan perjanjian kerja sama ditindaklanjuti oleh perangkata daerah terkait semisal Dishub dan Dinas Kesehatan," ucap dia.

MoU ini juga akan menjadi dasar jika Dishub Babel mendapatkan bantuan kapal Roro dari Kemenhub. ASDP akan ditunjuk sebagai operator kapal tersebut.

"Dari pihak ASDP juga siap mendatangkan kapalnya dan membangun untuk kepariwisataan. Misalnya membangun daerah-daerah wisata dalam bentuk membangun homestay seperti itu," ucap dia.

(bangkapos.com/ Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved