Mengurus Administrasi Kependudukan Berbasis Online di Disdukcapil Bangka Tengah

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bangka Tengah menerapkan sistem online dalam mengurus administrasi kependudukan

Mengurus Administrasi Kependudukan Berbasis Online di Disdukcapil Bangka Tengah
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bangka Tengah, Julhasnan 

Mengurus Administrasi Kependudukan Berbasis Online di Disdukcapil Bangka Tengah

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bangka Tengah menerapkan sistem online dalam mengurus administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bangka Tengah, Julhasnan menyebutkan pembuatan Akta Kelahiran secara online merupakan kemudahan yang diberikan kepada masyarakat dalam mengurus adminsitrasi kependudukan.

Dengan adanya sistem online, masyarakat juga dapat dengan mudah untuk mengunduh dan mempergunakannya dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Di Bangka Tengah sendiri lanjut Julhasnan, pembuatan Akta Kelahiran ataupun adminsitrasi kependudukan memang sudah dilakukan secara online sejak beberapa waktu lalu, sehingga dalam pelayanan khususnya di Dukcapil Bangka Tengah dapat terlaksana.

Ketika nantinya masyarakat sudah memenuhi persyaratan untuk sebut saja membuat Akta Kelahiran, maka nantinya data yang telah tersimpan di portal dukcapil akan diberikan Surat Keterangan yg bisa dicetak oleh pemilik berkas dan dapat digunakan sementara waktu yakni selama dua bulan sebelum Akta Kelahiran yang aslinya diserahkan.

Di kertas yang telah dicetak tersebut lanjut Julhasnan memang tak terlihat adanya bubuhan tandatangan kepala dinas, namun akan diganti dengan Barcode yang dikeluarkan oleh Dindukcapil Bangka Tengah dengan kode khusus.

"Sembari Surat Keterangannya digunakan, kita juga meminta warga bersangkutan untuk sesegera mungkin untuk datang ke Dukcapil untuk mengambil berkas asli," ucap Julhasnan kepada bangkapos.com pada Senin, (26/8/2019).

Banyak Manfaat

Julhasnan menyebutkan dengan adanya aplikasi untuk pembuatan Akta Kelahiran ataupun kepengurusan administrasi lainnya sangat memudahkan baik itu petugas dinas maupun masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved