Berita Pangkalpinang

Operasi Patuh Menumbing Incar Delapan Jenis Pelanggaran Lalu Lintas

Jajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung akan segera menggelar Operasi Patuh Menumbing 2019 terkait pelanggaran lalu lintas.

Operasi Patuh Menumbing Incar Delapan Jenis Pelanggaran Lalu Lintas
bangkapos.com/Deddy Marjaya
Lat Pra Ops dalam rangka Operasi Patuh Menumbing 2019 di Gedung RTMC Ditlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung Senin (26/8/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Jajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung akan segera menggelar Operasi Patuh Menumbing 2019 terkait pelanggaran lalu lintas. Dalam rangka persiapan Operasi Patuh Menumbing digelar Lat Pra Ops di Gedung RTMC Senin (26/8/2019) dibuka resmi oleh Wadirlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung AKBP Sunandar. Kegiatan diikuti oleh para kabagops dan kasatlantas polres dijajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung.

"Lat Pra Ops ini dalam rangka persiapan menggelar Operasi Patuh Menumbing 2019," kata AKBP Sunandar mewakili Dirlantas Kombes Pol Agus Fatchulloh Masyarakat

Menurut AKBP Sunandar dalam Operasi pihaknya lebih mengutamakan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas yang dapat membahayakan keselamatan. Sebanyak delapan jenis pelanggaran yang menjadi incaran dalam Operasi Patuh Menumbing.

Antara lain pengendara motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara mobil yang tidak menggunakan safetybelt, pengemudi yang melebihi kecepatan, pengendara ranmor yang melawan arus, mabuk saat mengendarai ranmor, pengendara ranmor dibawah umur, menggunakan HP saat berkendaraan dan ranmor yang menggunakan lampu rotary/sirene.

"Delapan Pelanggaran yang menjadi perhatian utama dalam penindakan Operasi Patuh Menumbing 2019," kata AKBP Sunandar.

Ditambahkanyna pihaknya dalam Operasi Patuh Menumbing lebih mengutamakan penindakan pelanggran lalu lintas dengan cara hunting. Anggota Polantas akan melakukan patroli kemudian langsung memberikan tindakan terhadap pelanggaran lalu lintas yang ditemui. Namun demikian jika dianggap perlu juga akan dilakukan razia kendaraan terutama di daerah-daerah rawan lakalantas dan rawan pelanggaran.

"Diutamakan hunting dilakukan patroli saat didapati pelanggaran akan langsung ditindak," kata AKBP Sunandar

Diharapkan juga kepada masyakarat agar tidak segan segan melaporkan saat mendapati ada anggota yang melakukan penindakan di luar prosedur. Ataupun melakukan hal hal yang dianggap perbuatan tercela saat menindak pelanggar.

"Dipastikan anggota yang terlibat Operasi jika menyalahi aturan dan diluar prosedural dalam menindak pelanggaran lalu  lintas akan ditindak masyrakat tidak perlu segan melaporkan," kata AKBP Sunandar.

(bangkapos.com/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved