PDAM Tirta Bangka Akan Bantu Carikan Solusi Kekeringan di Pesantren MTH Qur'an Puding Besar

Kekeringan yang melanda sumber air di Pesantren Ma'had Tahfiz Hidayatulah Qur'an Puding Besar menjadi perhatian pihak PDAM Tirta Bangka.

PDAM Tirta Bangka Akan Bantu Carikan Solusi Kekeringan di Pesantren MTH Qur'an Puding Besar
Bangkapos/Riki Pratama
Direktur PDAM Tirta Bangka Suhendra. 

PDAM Tirta Bangka Akan Bantu Carikan Solusi Kekeringan di Waduk Sumber Air Pesantren MTH Qur'an Puding Besar

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Kekeringan yang melanda sumber air di Pesantren Ma'had Tahfiz Hidayatulah Qur'an Puding Besar menjadi perhatian pihak PDAM Tirta Bangka.

Direktur PDAM Tirta Bangka, Suhendra mengatakan mereka pernah mengantarkan mobil tangki air ke Pesantren tersebut untuk menyuplaikan air, namun menurut mereka itu tidak cukup dengan upaya itu, harus ada upaya besar lainya agar kekeringan bisa teratasi.

Dari persoalan tersebut, Suhendra berupaya berkoordinasi dengan Camat dan pemimpin pesantren untuk melakukan pelebaran dan pendalaman waduk yang kering saat ini.

Menurutnya langka itu dilakukan tujuanya biar sumber air lebih banyak di waduk tersebut.

"Kalau untuk Pesantren kemaren sudah kita bantu, tapi kamu mau koordinasi kembali, ke Camat dan Ustad di situ kita mau kesana, memberikan solusi, karena mereka ada embung, kalau dengan sistem mengantar air tidak menyelesaikan masalah, namun perlu embung kita perdalam atau lebar,"ungkap Suhendra kepada wartawan, Senin (26/8/2019).

Ia mengatakan tujuan diperdalamnya embung atau waduk tersebut, agar serapan air lebih banyak, dan menghasilkan banyak air di waduk tersebut.

"Biar sumber air lebih banyak, kita melihat serapan masih bisa, karena belajar dari pesantren di Kemuja, PDAM bisa bantu, kita jangan sampai pesantren kekeringan tidak dapat air, kalau mau main antar biaya besar, lebih baik sekaligus besar apa yang bisa dilakukan, cari solusi terbaik lah,"ungkapnya.

(BANGKAPOS/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved