PLN Harus Siap Menyambut Investasi, Sebab Energi Listrik Syarat Utama

"Jika ada industri katalis mengelola kaolin, nanti tidak perlu lagi import dari luar. Industri pengelolaan mineral membutuhkan energi banyak dan murah

PLN Harus Siap Menyambut Investasi, Sebab Energi Listrik Syarat Utama
Diskominfo Babel
Gubernur Erzaldi saat bertindak sebagai keynote speaker Rapat Kerja Semester II 2019 PLN Wilayah Bangka Belitung, di Soll Marina, Senin (26/8/2019). 

PLN Harus Siap Menyambut Investasi, Sebab Energi Listrik Syarat Utama

PANGKALPINANG -- PLN Wilayah Bangka Belitung diminta untuk siap menyambut investasi. Sebab sudah direncanakan untuk menambah kawasan industri. Pihak investorpun akan berkunjung langsung ke PLN untuk memastikan ketersediaan pasokan listrik.

Demikian disampaikan Erzaldi Rosman Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat bertindak sebagai keynote speaker Rapat Kerja Semester II 2019 PLN Wilayah Bangka Belitung, di Soll Marina, Senin (26/8/2019).

Selain pengembangan industri hilir pengelolaan bahan tambang ikutan timah, bakal ada pembangunan industri katalis pengelolaan kaolin. Bahan tambang kaolin banyak di Bangka Belitung, selama ini selalu import dari luar.

"Jika ada industri katalis mengelola kaolin, nanti tidak perlu lagi import dari luar. Industri pengelolaan mineral membutuhkan energi banyak dan murah. Jika berbasis green energi, maka harga jual listrik menjadi murah," harap Gubernur Erzaldi.

Perhitungan PLN sangat matang. Gubernur Erzaldi menyarankan agar PLN jangan khawatir mengambil kebijakan green energi. Kebutuhan produksi pembangkit green energi tersedia di Bangka Belitung. Jika ini berhasil, maka PLN diuntungkan begitu juga dengan petani.

Menyinggung mengenai pembangunan PLTS, Gubernur Erzaldi juga ingin ada perencanaan dari PLN. Lahan ekstambang bisa dimanfaatkan untuk menempatkan panel tenaga surya. PLN dapat memberikan rekomendasi bagi investor yang ingin berinvestasi di sektor ini.

"Lahan tempat panel surya milik pemda, itu bisa disewakan bagi investor yang ingin berinvestasi PLTS. Diperkirakan satu hektare lahan bisa menghasilkan daya listrik berkapasitas sepuluh megawatt," jelas Gubernur Erzaldi.

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved