VIDEO: Waduk Penampung Air Mengering, 350 Santri Pesantren Ma'had Tahfiz Hidayatullah Kesulitan Air

Waduk penampung air Pesantren Ma'had Tahfiz Hidayatullah Qur'an Puding Besar mengalami kekeringan

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Waduk penampung air Pesantren Ma'had Tahfiz Hidayatullah Qur'an Puding Besar, Kabupaten Bangka, Senin (26/8/2019) mengalami kekeringan sejak satu bulan terakhir ini.

Waduk yang lokasi tepat berada di belakang pesantren tersebut merupakan sumber air utama yang digunakan oleh 350 siswa pesantren untuk kebutuhan mandi dan mencuci pakaian.

Pantauan bangkapos.com, waduk yang memiliki panjang 100 meter dan lebar 25 meter dengan kedalaman lima meter ini, mengalami kekeringan. Saking keringnya, dasar waduk terlihat dan hanya menyisakan tanah kering yang retak-retak dengan sedikit genangan air.

Selain itu, terlihat aktivitas alat berat yang sedang berupaya mengeruk waduk, tujuanya agar waduk semakin dalam.

Saat ini air dari waduk tak bisa digunakan karena kondisi air yang mengering akibat musim kemarau.

Direktur Pesantren Ma'had Tahfiz Hidayatullah Qur'an Faisal Assegaf, mengatakan bahwa kejadian kekeringan waduk yang dibangun sejak dua tahun ini merupakan kejadian pertama kalinya.

Air yang tertampung di dalam waduk, kering seperti saat ini. Pihak pesantrean juga kesusahan akibat keringnya waduk yang merupakan sumber air utama pesantren.

"Akibat kekeringan ini, berakibat fatal sudah satu bulan kesediaan air menipis, sebelumnya ini merupakan sumber air yang kami gunakan, sehari bisa di sedot 30 ribu liter. Namun dengan kekeringan ini, kondisi paling parah, karena sejak dua tahun, sejak waduk ini di bangun belum pernah terjadi, waduk buatan pihak Dinas Pertanian Pemkab Bangka ini kekeringan," ungkap Faisal kepada bangkapos.com, Senin (26/8/2019).

(Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved