Berikut Mereka Yang Berhak Menerima BNPT di Bangka Belitung

Perum Bulog Subdivre Bangka mendata ada 43.458 keluarga di Provinsi Bangka Belitung (Babel) mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Berikut Mereka Yang Berhak Menerima BNPT di Bangka Belitung
bangkapos.com/m rizky
Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Babel Rusli. 

Berikut Mereka Yang Berhak Menerima BNPT di Bangka Belitung

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Perum Bulog Subdivre Bangka mendata ada 43.458 keluarga di Provinsi Bangka Belitung (Babel) mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Menanggapi hal tersebut Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Babel Rusli mengatakan jika Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT adalah mereka yang sudah tersambung dan terintegrasi dalam Basic Data Terpadu (BDT).

"Mereka yang sudah tercatat dalam BDT inilah yang berhak mendapatkan BNPT," ujar Rusli, Selasa (27/8/2019) di ruang kerjanya.

BNPT sendiri merupakan transformasi dari bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) atau yang sebelumnya biasa disebut Beras Miskin (Raskin).

Untuk KPM BNPT sendiri berasal dari BDT secara keseluruhan dan dipecah menjadi dua, pertama adalah KPM BPNT murni dan yang kedua adalah KPM dari Program Keluarga Harapan (PKH), sehingga apabila warga ini mendapatkan BNPT tersebut. Maka warga harus mendaftar ke dalam BDT terlebih dahulu.

Dan untuk hirarki pemerintahan usulan paling rendah adalah mendaftarkan melalui RT dan RW. Ia mengatakan jika masih ada permasalahan, seperti yabg seharusnya dapat menjadi tidak dapat, begitu pula sebaliknya.

Hal ini dikarenakan data tersebut sudah terkunci di BDT, dan pembaruan data oleh Dinsos sebenarnya dilakukan setiap enam bulan sekali. Namun fakta di lapangan human error penginputan data juga terjadi.

(Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved