Kemensos Gelontorkan Dana Rp 4 Milliar Per Tahun Lebih Untuk BPNT Babel

Kepala Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Rusli mengatakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

Kemensos Gelontorkan Dana Rp 4 Milliar Per Tahun Lebih Untuk BPNT Babel
bangkapos.com/m rizky
Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Babel Rusli. 

Kemensos Gelontorkan Dana Rp 4 Milliar Per Tahun Lebih Untuk BPNT Babel

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Rusli mengatakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) adalah mereka yang sudah terdata dalam Basis Data Terpadu (BDT), dan yang masuk ke dalam kuota.

Rusli menambahkan jika kuota tersebut sudah diatur oleh pusat, sedangkan Babel tahun ini mendapatkan kuota sebanyak 43.458 KPM.

Dengan rincian kota Pangkalpinang sebanyak 5.679, Kabupaten Bangka 10.652, kabupaten Bangka Barat 4.270, Kabupaten Bangka Selatan 4.223, Kabupateng Bangka Tengah 6.275, Kabupaten Belitung 8.238, dan Kabupaten Belitung Timur sebanyak 4.121 KPM.

Kemudian para KPM ini oleh Himpunan Bank Negara (Himbara) yang ditugaskan oleh pemerintah pusat, untuk menerima transferan dana langsunh dari Kementrian Sosial sejumlah Rp 110.000,- per KPM. Sehingga jika 43.458 dikalikan Rp 110.000,- maka dana yang harus dikucurkan oleh Kemensos sejumlah Rp 4.780.380.000,-

"Untuk di Pangkalpinang ini sebagaian besar dana tersebut di transfer melalui Bank BNI, dan untuk kabupaten/kota, ditransfer melalui BRI," ujar Rusli, Selasa (27/8) diruang kerjanya.

Dan oleh Himbara para KPM ini akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), untuk kemudian bisa dicairkan di E-Warung, dengan cara digesek di mesin electronic data capture (EDC).

Setelah digesek dan terlihat saldonya, warga bisa membelanjakan saldo tersebut, dalam bentuk beras dan telur, atau bisa beras saja dan bisa telur saja, dan harus dihabiskan dalam satu kali transaksi.

(Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved