Berita Pangkalpinang

Plt Kadinkes Jamin Tak Ada Obat Kadaluarsa yang Beredar di Puskesmas Pangkalpinang

Plt Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang, Suriyanto, menjamin tidak ada obat kadaluarsa yang beredar di sembilan puskesmas yang ada di Pangkalpinang.

Plt Kadinkes Jamin Tak Ada Obat Kadaluarsa yang Beredar di Puskesmas Pangkalpinang
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Plt Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang, Suriyanto 

BANGKAPOS.COM-- Plt Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang, Suriyanto, menjamin tidak ada obat kadaluarsa yang beredar di sembilan puskesmas yang ada di Pangkalpinang.

Dia menyatakan, setiap bulannya seluruh puskesmas di bawah naungan dinas kesehatan selalu menyampaikan ketersediaan obat maupun kondisi tanggal pemakaiannya. 

"Untuk pengadaan obat hanya untuk FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama--red) pertama, yakni puskesmas. Kalau rumah sakit, mereka sendiri yang urus karena melalui BLUD (Badan Layanan Umum Daerah--red)," jelas Suriyanto, kepada Bangkapos.com, Selasa (27/8/2019).

Dia mengatakan, pengadaan obat dilakukan selama setahun sekali dengan penggunaan untuk 18 bulan.

Sementara, apoteker pada dinas kesehatan tersebut, Indah Yuliani, menyampaikan, rencana kebutuhan obat disesuaikan atas permintaan dari puskesmas.

Puskesmas akan menyusun kebutuhan obat mereka dan nantinya akan diajukan ke dinas. Saat ini total obat yang diperlukan ditahun 2019 ada 404 item.

Indah menyebut, obat-obatan tersebut paling banyak meliputi obat lambung, hipertensi hingga obat diabetes.

"Tergantung kebutuhan puskesmas nya. Kalau dilihat dari pengajuan obat, berarti bisa jadi masyarakat sana banyak mengalami penyakit tersebut," kata Indah.

Indah mengatakan, pengadaan obat disesuaikan dengan metode konsumsi pasien dan merekap sesuai kebutuhan puskesmas-puskesmas. (Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved