RSUD Depati Hamzah Selalu Sediakan Obat Pasien yang Tergigit Ular

Rumah sakit umum daerah Depati Hamzah selalu menyediakan obat pasien yang tergigit ular. "Jenis obat ini adalah obat vital

RSUD Depati Hamzah Selalu Sediakan Obat Pasien yang Tergigit Ular
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kepala Instalasi Farmasi, RSUD Depati Hamzah Sudarsono. Selasa, (27/8/2018) 

RSUD Depati Hamzah Selalu Sediakan Obat Pasien yang Tergigit Ular

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Rumah sakit umum daerah Depati Hamzah selalu menyediakan obat pasien yang tergigit ular.

"Jenis obat ini adalah obat vital, ada atau tidak ada pasien yang terkena gigitan ular. Obat ini harus distock," ungkap Kepala Instalasi Farmasi, Sudarsono saat ditemui Bangkapos.com. Selasa, (27/8/2019).

Ada 3 jenis obat yang biasa distock di RSUD Depati Hamzah, yakni obat vital, obat essensial, dan obat non essensial.

Obat vital ini sering kadaluarsa dibandingkan jenis obat lainnya. Obat yang sudah mengalami kadaluarsa ini akan segera dikeluarkan dari gudang stock obat, didata, dipindahkan ke gudang khusus obat kadaluarsa kemudian dalam periode tertentu (3 bulan sekali) akan dimusnahkan dengan berbagai metode sesuai jenis obat.

Sudarsono mengatakan upaya yang dilakukan untuk meminimkan obat agar tidak kadaluarsa adalah dengan pengadaan obat secara berkala dalam waktu sebulan sekali sehingga obat tidak cepat kadaluarsa. Obat yang biasa diambil saat pengadaan obat diharuskan expired date nya 2 tahun yang akan datang.

Apabila tidak sesuai dengan ketentuan saat pemesanan obat yang dibeli dari BPF (Pedagang Besar Farmasi), RSUD akan menolak sehingga barang akan dikirim yang terbaru.

Ada 4 metode pengadaan obat yang dilakukan yakni pengadaan langsung dengan fleksibilitas, E-Purchasing, pengadaan barang dengan kerjasama, dan pengandaan dengan biaya pengganti.

"Selain itu, setelah obat datang kita lakukan pemeriksaan berskala sekirltar 5 atau 6 pemeriksaan sampai obat berada ditangan pasien. Yang diperiksa expired date, dan no batch obat," ungkap Sudarsono. (Cr2)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved