Berita Pangkalpinang

VIDEO: Awas, Bermain Layang-layang di Area KKOP Bandara Ada Ancaman Pidana

Bermain layang-layang memang menyenangkan. Akan tetapi, jika permainan itu dilakukan di area yang berbahaya justru akan merugikan orang lain.

BANGKAPOS. COM-- Bermain layang-layang memang menyenangkan. Akan tetapi, jika permainan itu dilakukan di area yang berbahaya justru akan merugikan orang lain. 

Hal ini dijelaskan Harianto, Komandan Avsec PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Harianto mengingatkan masyarakat agar tidak Selasa (27/8/2019).

Dikemukakan Harianto, seperti di Area Bandara PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Depati Amir di Provinsi Bangka Belitung mengingatkan masyarakat untuk tidak bermain layang-layang di kawasan keselamatan operasi penerbangan (KKOP) berjarak 15 nautical mile atau radius 27 kilometer dari ujung bandara.

 Bermain layang-layang di sekitar kawasan area bandara akan membahayakan keselamatan penerbangan. 

Dalam UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan yaitu pasal 210 dan 421.

Pasal 210:

Setiap orang dilarang berada di daerah tertentu di bandar udara, membuat halangan (obstacle), dan/atau melakukan kegiatan lain di kawasan keselamatan operasi penerbangan yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan, kecuali memperoleh izin dari otoritas bandar udara

Pasal 421 ayat (2):

Setiap orang membuat halangan (obstacle), dan/atau melakukan kegiatan lain di kawasan keselamatan operasi penerbangan yang membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 210 dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). (Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn) 

Penulis: agusrya
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved