Berita Pangkalpinang

Balai Karantina Pertanian Akan Musnahkan Temuan Bibit Jeruk Asal Pontianak

Temuan Bibit Jeruk dari Pontianak sebanyak 208 bibit tidak dilengkapi dokumen persyaratan karantina pada bulan Juni 2019.

Balai Karantina Pertanian Akan Musnahkan Temuan Bibit Jeruk Asal Pontianak
bangkapos.com/Muhammad Rizki
Kepala Balai Karantina Pertanian Klas II Pangkalpinang Saifuddin Zuhri. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Kepala Balai Karantina Pertanian Klas II Pangkalpinang Saifuddin Zuhri mengatakan jika pihaknya mendapatkan temuan Bibit Jeruk dari Pontianak sebanyak 208 bibit yang tidak dilengkapi dokumen persyaratan karantina pada bulan Juni 2019.

"Tidak dilengkapi dokumen persyaratan dan tidak dilengkapi dengan label biru yang bisa memperlihatkan bibit tersebut sehat atau tidak," ujar Saifuddin, Rabu (28/8) kepada bangkapos.com

Saifuddin mengatakan ia belum mengetahui jika bibit tersebut positif terserang hama atau tidak namun yang pasti bibit tersebut tidak memiliki dokumen yang lengkap. Rencananya dalam waktu dekat Barantan akan memusnahkan temuan tersebut.

Kelengkapan dokumen kesehatan tersebut menurut Saifuddin sangat penting, terlebih di Provinsi Bangka Belitung menurutnya bebas dari rabies dan beberapa penyakit hewan ternak yang masih bebas.

Sehingga apabila pengawasan dari Barantan tidak ketat, ditakutkan akan muncul penyakit-penyakit tersebut di Babel. Dan akan banyak merugikan jika penyakit tersebut masuk, seperti merugikan dalam hal dana, tenaga, dan pikiran.

"Kalau pengawasan tidak kita perketat, penyakit masuk lagi, ya itu-itu lagi yang harus kita kerjakan, sehingga masyarakat juga harus aktif, kita ga bisa kerja sendiri," pungkas Saifuddin.

(bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved