Berita Pangkalpinang

Balai Karantina Pertanian Beberkan Macam Komoditi Ekspor Potensial Bangka Belitung ke Luar Negeri

Potensi ekspor komoditi di Babel ini masih cukup banyak, Kepala Barantan Saifuddin memberikan beberapa contoh pada Ketua DPRD Babel

Balai Karantina Pertanian Beberkan Macam Komoditi Ekspor Potensial Bangka Belitung ke Luar Negeri
bangkapos.com/Muhammad Rizki
Audiensi Balai Karantina Pertanian Pangkalpinang bersama DPRD Provinsi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Balai Karantina Pertanian (Barantan) Pangkalpinang memiliki program Ayo Galakkan Ekslor Kaum Milenial Bangsa (Agro Gemilang). Melalui program ini, Barantan mendorong anak-anak muda untuk melakukan ekspor.

Potensi ekspor komoditi di Bangka Belitung masih cukup banyak, Kepala Barantan Saifuddin Rabu (28/8). memberikan contoh kepada Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Didit Srigusjaya saat audiensi, Rabu (28/8) tentang ekspor sapu lidi dari pelepah sawit yang masih terbuka luas. Begitu pula komoditas buah nanas dan komoditas sarang burung walet.

Barantan akan melakukan pembinaan, mulai dari aspek teknisnya, persyaratan negara tujuan dan perlakuan terhadap komoditi itu seperti apa. Dikarenakan menurutnya saat ini masih banyak masyarakat yang kebingungan jika ingin mengekspor barang ditujukan kemana.

"Dengan kehadiran kita berharap masyarakat tertarik dan ekpor itu tidak sulit,"ujar Saifuddin.

Ia mengatakan jika setiap negara juga saat ini membatasi diri karena alasan teknis, seperti mengatakan jika suatu negara masih terjangkit berbagai penyakit sehingga tidak boleh masuk ke dalam negara tersebut.

"Tapi itu tadi, kita perlu mempersiapkan sarana dan prasarana yang mendukung, ini yang kita belum punya," pungkas Saifuddin.

Kepala Barantan Saifuddin Zuhri menyampaikan tentang kendala yang dihadapi oleh Barantan di Babel, seperti kendali yang begitu luas dikarenakan garis pantai di Babel menurutnya sangat luas.

"Meskipun laut menjadi penghalang masuknya penyakit hewan dan tumbuhan di Babel, tetapi panjangnya garis pantai ini yang harus kita awasi," ujar Saifuddin," Rabu (28/8) kepada bangkapos.com

Ia mengatakan jika untuk menjaga wilayah Bangka Belitung ini perlu dukungan dari semua komponen masyarakat, penegak hukum, dan legislatif.

(bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved