Berita Pangkalpinang

Hujan Hampir Merata di Bangka Belitung, BMKG: Ada Belokan Angin yang Kuat

Hujan yang turun pada hari ini di sejumlah wilayah Pulau Bangka karena faktor cuaca lokal berupa belokan angin yang kuat.

Hujan Hampir Merata di Bangka Belitung, BMKG: Ada Belokan Angin yang Kuat
Dokumentasi Bangka Pos
Hujan di wilayah Kota Pangkalpinang (agus nuryadhyn) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Hujan yang turun pada hari ini di sejumlah wilayah Pulau Bangka karena faktor cuaca lokal berupa belokan angin yang kuat. Demikian disampaikan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji, Rabu (28/8/2019).

"Saat ini terpantau ada faktor cuaca lokal yang kuat mendominasi kondisi cuaca Babel hari ini," kata dia.

Kurniaji menjelaskan, pihaknya menyebut belokan angin dengan istilah share line. Adanya faktor ini selanjutnya menyebabkan intensnya pertumbuhan awan-awan konvektif di wilayah Babel hari ini.

"Inilah yang kemudian menyebabkan hujan yang turun merata hampir di seluruh wilayah Babel, Keuali Bangka Barat. Rekan kami di Belitung juga menyampaikan bahwa wilayah Tanjungpendam juga sudah hujan," katanya.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang – lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Pulau Bangka. Ini perkembangan informasi yang disampaikan BMKG per pukul 11.30 WIB.

Sejumlah wilayah yang berpotensi hujan adalah di wilayah Kecamatan Simpang Rimba, Payung, Koba, Pulau Besar, Toboali, Sungai Selan, Simpang Katis, Namang, Pangkalan Baru, Kota Pangkalpinang, Merawang. Kemudian dapat meluas ke wilayah Kec. Mendo Barat, Puding Besar, Pemali, Bakam, Tempilang, Kelapa, Sungailiat, Riausilip dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 13.30 WIB," kata Kasi Datin BMKG Pangkalpinang Kurniaji melalui keterangan tertulis, Rabu (28/8/2019).

Setelah dilanda panas terus menerus hingga berdampak kekeringan di sejumlah wilayah, Babel pada kemarin dan hari ini terpantau diguyur hujan.

Informasi yang dihimpun bangkapos.com, hujan terjadi di Tanjungpandan dan sekitarnya pada kemarin, kemudian hujan di daerah Sungailiat, Pangkalpinang, Bangka Tengah dan sekitarnya siang ini.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved