Pencinta Kopi Wajib Tahu Tehnik Seduh Kopi V60

Bagi anda pencinta kopi, pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik seduh kopi V60, teknik seduh kopi dengan menggunakan metode manual brewing dengan

BANGKPOS.COM, BANGKA - Bagi anda pencinta kopi, pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik seduh kopi V60, teknik seduh kopi dengan menggunakan metode manual brewing dengan alat dripper V60 ini memang lagi naik daun, alias sedang banyak-banyaknya yang suka.

Hal ini disampaikan oleh Wilian, satu di antara penyeduh kopi di Kota Pangkalpinang, sekaligus pemilik dari kedai kopi yang bernama Sekuter Kopi.

Ia mengatakan jika asal mula nama V60 dikarenakan saat proses penyeduhan menggunakan alat yang berbentuk huruf V dengan kemiringan 60 derajat, metode ini dinamakan teknik pour over atau dengan menuangkan air dari teko ke permukaan bubuk kopi yang sudah digiling.

Untuk hasil kopi yang maksimal takaran berat air dan bubuk kopi harus pas, sehingga sangat disarankan agar ketika membuat kopi dengan teknik ini menggunakan timbangan digital.

Pada saat melakukan penuangan air panas pun harus dengan tempo yang tepat, Willian sendiri biasa memberi jeda 30 detik di setiap tuangannya. 

"30 detik di awal kita seduh itu yang dinamakan bloming atau perlepasan zat karbondioksida yang ada di kopi, untuk bloming sendiri itu juga bisa 2 kali berat kopi atau 3 kali berat si kopi," ujar Willian, Selasa (27/8) kepada Bangkapos.com.

Setelah itu disambung lagi dengan jeda air yang berbeda dengan rasio air yang gunakan sampai selesai dengan sesuai rasio yang gunakan, dan menurutnya waktu yang paling efesien untuk seduh kopi menggunakan teknik V60 yaitu 2 menit 30 detik.

(Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved