Baznas Salurkan Dana Rp 1,080 Miliar Untuk Fisabillillah

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Prov Kep.Babel menyalurkan dana Rp 1.080.000.000 untuk guru madrasah dan ustadz-ustadzah pondok pesantren se-Bangka

Baznas Salurkan Dana Rp 1,080 Miliar Untuk Fisabillillah
ist/Baznas Salurkan Dana Rp 1,080 Miliar Untuk Fisabillillah
Dalam acara silaturahmi bersama ustadz-ustadzah berlangsung di Auditorium H Mas’ud Hasan Qolay Kanwil Kemenag Babel, Rabu (28/8). 

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan dana Rp 1.080.000.000 untuk guru madrasah dan ustadz-ustadzah pondok pesantren se-Bangka.

Dana tersebut diberikan untuk 515 guru madrasah, ustadz-ustadzah pondok pesantren yang ada di Bangka.

Dalam acara silaturahmi bersama ustadz-ustadzah berlangsung di Auditorium H Mas’ud Hasan Qolay Kanwil Kemenag Babel, Rabu (28/8).
Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemprov Babel H Syahruddin merasa terharu, Baznas memberikan perhatian kepada guru madrasah dan ustadz-ustadzah pondok pesantren se- Bangka.

Menurut Syahruddin, dana ini bukan insentif, melainkan diberikan kepada yang berhak menerimanya karena ustadz-ustadzah termasuk dalam satu Asnab yang berhak menerima yaitu Fisabillillah.

“Itu bukan insentif tapi adalah hak mereka (ustadz-ustadzah) yang memang berhak mendapatkannya, “ ujar Syahruddin.

Dikata Syahruddin, ustadz-ustadzah ini masuk dalam kategori Fisabilillah, orang yang berhak mendapat zakat. Diantara yang berhak menerimanya, yaitu fuqoro, masakin, ibnusabil, amil dan orang yang berhutang. Pada hari ini Baznas menyampaikan kepada Fisabillillah.

“Itu hak mereka (ustadz-ustadzah) karena, mereka ini termasuk didalamnya. Dari nilai tersebut seperdelapan adalah hak mereka,” ucapnya.
Syahruddin berharap kepada pemerintah, bukan hanya sekali ini saja mereka menerima dana ini namun kedepannya ada lagi dan lebih banyak lagi.

Dijelaskannya, zakat merupakan kewajiban personal umat Islam. Dalam hal ini untuk masalah zakat pemerintah daerah tidak bisa memaksa.

“Kewajiban umat Islam yaitu membayar zakat,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Babel Dr H Muhammad Ridwan menjelaskan, bantuan dana dari Baznas ini bertujuan memotivasi ustadz-ustadzah agar lebih menjadi profesional.

Halaman
12
Tags
Baznas
dana
Editor: Evan
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved