WIKI Bangka

VIDEO: Pencinta Koi Merapat, Inilah Penyebab Ikan Koi Memiliki Harga Selangit

Jika kebanyakan ikan harganya diukur dari bobot tubuhnya, namun ada satu ikan berbeda, ikan tersebut adalah ikan koi, ikan hias yang menjadi primadona

BANGKAPOS.COM-- Jika kebanyakan ikan harganya diukur dari bobot tubuhnya, namun ada satu ikan berbeda, ikan tersebut adalah ikan koi, ikan hias yang menjadi primadona bagi banyak pencinta ikan hias.

Kali ini Bangkapos.com memiliki kesempatan untuk bertanya langsung kepada satu diantara pembudidaya ikan koi di Provinsi Bangka Kepulauan Belitung (Babel), yaitu Asrul Roni, yang berlokasi di Kelurahan Jeruk, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah.

Menurut Asrul tidak melulu koi yang memiliki ukuran besar itu berharga selangit. Ikan koi bagi para penikmatnya memiliki nilai seni yang lebih dari sekedar bobot tubuhnya.

Koi yang memiliki harga mahal adalah koi yang memiliki pola lukisan yang sempurna dan warna di kulit ikan itu sendiri, apa pun warnanya harus tajam dan kontras dengan warna lainnya, dan yang tak kalah pentingnya bentuk tubuh koi yang memiliki harga tinggi adalah yang menyerupai torpedo.

"Kalau warnanya itu tajam, pola lukisan kulitnya bagus dan seimbang, serta bentuk tubuhnya seperti terpedo. Itu pasti harganya tinggi," jelas Asrul.

Namun ada sisi lain yang juga ikut andil dalam menentukan harga jual ikan koi, yaitu keunikan pola ikan itu sendiri.

Ia mencontohkan seperti koi jenis Tancho, yang memiliki warna dominan putih namun memiliki merah bulat diatas kepala. Ikan seperti ini menurutnya cukup langkah, sehingga memiliki harga jual tinggi.

Sehingga tidak melulu ikan koi yang besar memiliki harga jual yang mahal, namun jika ikan koi tersebut memenuhi spesifikasi yang sudah ia jelaskan diatas, maka para pencinta ikan koi harus bersiap merogoh kocek yang cukup dalam.

Asrul mengaku jika Ikan yang ia jual mulai dari harga terendah Rp 20.000 sampai yang tertinggi di harga Rp 2 juta lebih. Namun ikan termahal yang pernah ia jual berada di angka Rp 3,8 juta, ikan tersebut berjenis Goshiki yang sudah pernah menjuarai kontes di Kota Tulungagung.

Untuk jenis ikan yang dijual, Asrul mengaku jika semua jenis koi lengkap di tempat budidaya miliknya, mulai dari jenis koi yang menurutnya cukup banyak di pasaran seperti Kohaku dan Showa, hingga jenis yang langka seperti sandan Goshiki dan Tancho Karasu. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved