Bupati Markus Pantau Layanan Disdukcapil Kabupaten Bangka Barat di Desa Mayang

Bupati Bangka Barat, Markus SH, menyempatkan diri memantau langsung layanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Bupati Markus Pantau Layanan Disdukcapil Kabupaten Bangka Barat di Desa Mayang
Ist/Humas Pemkab Bangka Barat
Bupati Bangka Barat, Markus SH, didampingi Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Bangka Barat, Iduwan saat memantau layanan administrasi kependudukan di desa Mayang, Jumat (30/8) 

SIMPANG TERITIP - Bupati Bangka Barat, Markus SH, menyempatkan diri memantau langsung layanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di desa Mayang, Kecamatan Simpang Teritip, Jumat (30/8) siang.

Markus mengatakan, Pemkab Bangka Barat meluncurkan layanan GISA ini untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat dalam pembuatan identitas dan administrasi kependudukan.

"Ini merupakan wujud komitmen Pemkab Bangka Barat dimana kami ingin memastikan bahwa seluruh penduduk di Bangka Barat sudah memiliki administrasi kependudukan secara lengkap demi terwujudnya Bangka Barat Hebat 2021 melalui tertib administrasi kependudukan," kata Markus.

Dalam pantauannya, Bupati Markus berdialog dengan salah satu warga desa Mayang, Irawati. Wanita paruh baya itu mengaku senang dengan kehadiran Pemda Bangka Barat lewat Disdukcapil untuk layanan administrasi kependudukan.

Suasana pelayanan yang dilakukan Disdukcapil Kab. Bangka Barat di kantor desa Mayang, Kec. Simpang Teritip.
Suasana pelayanan yang dilakukan Disdukcapil Kab. Bangka Barat di kantor desa Mayang, Kec. Simpang Teritip. (Ist/Humas Pemkab Bangka Barat)

"Senanglah Pak Bupati dengan layanan ke kampung kami seperti ini," tutur Irawati.

Plt. Kepala Disdukcapil, Iduwan mengatakan, kampung GISA diharapkan dapat membangun ekosistem pemerintah dan masyarakat yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan serta dapat mewujudkan kepuasan masyarakat terkait layanan publik.

"Untuk manfaat kampung GISA diantaranya adalah untuk membantu masyarakat dalam kepemilikan dokumen kependudukan, pemuktakhiran data pendududuk, pemanfaatan data kependudukan untuk semua kepentingan," ujar Iduwan ditemui di gedung serbaguna desa Mayang.

Seperti diketahui, program GISA ini sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) yang menekankan seluruh pemerintah mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan.

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved