Ini Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika Hingga Cara Menyeduhnya

Bagi pencinta kopi, pasti sudah tidak asing dengan jenis Kopi Arabika dan Robusta, namun sudah kah anda mengetahui terkait perbedaan dua jenis kopi

Ini Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika Hingga Cara Menyeduhnya
bangkapos.com/m rizky
Kedai Sekuter Kopi milik Willian Pangkalpinang 

Ini Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika Hingga Cara Menyeduhnya

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bagi pencinta kopi, pasti sudah tidak asing dengan jenis Kopi Arabika dan Robusta, namun sudah kah anda mengetahui terkait perbedaan dua jenis kopi tersebut ?

Kali ini TribunWiki berhasil menggali informasi terkait dua jenis kopi tersebut dari pemilik Kedai kopi yang bernama sekuter kopi Willian, yang mana kedai kopi ini merupakan satu di antara kedai kopi yang berada di kota Pangkalpinang.

Menurut Willian ada beberapa perbedaan antara kopi arabika dan robusta, pertama dari letak geografisnya berbeda jika arabika biasa tumbuh di ketinggian 1.200 Mdpl, sedangkan robusta biasa ditanam di ketinggian 800 Mdpl.

Jika dilihat dari bentuk biji kopinya terdapat pula perbedaannya, Perbedaan yang nampak jelas adalah, dari garis ditengah biji tersebut, jika arabika garis tengah di biji kopi tersebut tidak berbentuk vertikal sempurna. Sedangan robusta itu vertikal dibanding.

Dari karakteristik rasa pun kedua biji kopi ini juga sangat beda, arabika condong dengan rasa asam buah, dengan sedikit manis dan pahit yg tidak menonjol.

Untuk karakter kopi seperti ini, arabika sendiri tidak cocok kalau disajikan dengan gula ataupun susu, karena akan menghilangkan rasa original dari rasa biji arabika tersebut.

"Malah akan sangat menonjol asam bukan manis," ujar Willian, Rabu (30/8) kepada Bangkapos.com

Sehingga arabika lebih cocok bila diolah dengan teknik yang biasa disebut dengan single origin, pour over, alat yg digunakan dari mulai frendpres, v60, aeropres, chemex, shypon dan jenis alat seduh lainnya.

Sedangkan robusta memiliki karakteristik rasa yang lebih pekat dan pahit dibanding arabika, rasa robusta condong ke coklat hitam, dan caramel bias juga dapat ditemukan dari biji robusta.

Sehingga metode penyeduhan untuk robusta itu lebih cocok jika diseduh untuk dibuat kopi tubruk, kopi hitam, dan kopi susu, vietnam drip.

(Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved