Berita Sungailiat

Keramaian Arak-Arakan Nganggung di Perayaan Tahun Baru Islam di Kelurahan Kenanga Sungailiat

Perayaan 1 Muhharam diawali dengan arak-arakan pemuda-pemudi asal Kenanga yang membawa dulang atau Nganggung di Lapangan Bola Kenanga.

Keramaian Arak-Arakan Nganggung di Perayaan Tahun Baru Islam di Kelurahan Kenanga Sungailiat
bangkapos.com/Riki Pratama.
Kemeriahan Arak-Arakan Nganggung di Perayaan 1 Muhharam di Kelurahan Kenanga foto diambil, Minggu (1/9/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Kabupaten Bangka Mulkan melaksanakan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muhharam 1441 Hijriyah di Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Minggu (1/9/2019).

Untuk diketahui perayaan 1 Muhharam di Kelurahan Kenanga, disebut-sebut lebih ramai ketimbang lebaran Idul Fitri dan Idul Adha yang dilaksanakan oleh umat Islam.

Masyarakat Kenanga sangat bersuka cita menyambut tahun baru Islam ini, terbukti setiap rumahnya menyediakan tenda serta kursi untuk menyambut tamu dengan menyediakan berbagai kue serta makanan lainya yang bisa disantap sepuasnya.

Perayaan 1 Muhharam diawali dengan arak-arakan pemuda-pemudi asal Kenanga yang membawa dulang atau Nganggung ke pusat kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Bola Kenanga.

Kue Bolu Kujo terbesar juga dibawah oleh warga, dengan menggunakan dulang, disajikan kepada para undangan yang datang.

Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, mengatakan perayaan 1 Muhharam 1441 Hijriyah menjadi momen tahunan yang dilaksanakan masyarakat Kelurahan Kenanga untuk menjalankan tradisi.

"Kegiatan ini merupakan rutinitas agenda tahunan, agenda di Kabupaten Bangka setiap tahun kita lakukan tradisi yang sudah melekat yang ada di masyarakat Kenanga. Kegiatan ini merupakan tradisi atau adat istiadat dilakukan Kelurahan Kenanga, ini merupakan nilai kebudayaan yang diiringi dengan keagamaan,"jelas Mulkan

Mulkan menambahkan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk menjaga nilai kebudayaan di Kabupaten Bangka yang harus terus dijaga pelaksanaanya.

"Kita telah masuk tahun baru islam jadikan momentum untuk kita evaluasi dan intropeksi diri kita, apa saja yang belum kita lakukan,"ungkapnya.

Sementara Wakil Gubernur Babel Abdul Fattah, menyampaikan hal senada untuk menjadikan momen tahun baru Islam untuk melakukan evaluasi diri.

"Memaknai perayaan Tahun Baru Islam lebarnya bukan hanya di Idul Fitri dan Adha di Pulau Bangka akan tetapi menjadi lain. Merasakan ada beberapa kali lebaran dalam satu tahun, inilah istimewa di Pulau Bangka. Kita juga memaknai tahun baru Islam, saat Hijrah Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah, kami menyampaikan selamat merayakan memaknai tahun baru Islam,"ungkapnya

Hadir dalam perayaan tersebut, Wakil Gubernur Babel Abdul Fattah, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, Kapolres Bangka AKBP Aris, Pj Sekda Bangka Achmad Muksin, kepala SKPD, Toko Agama/ Masyarakat dan Unsur Muspida lainya.

(bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved