Nganggung Perayaan 1 Muharram 1441 H di Kerabut Pangkalpinang

Perayaan 1 Muharram 1441 Hijriyah di Kelurahan Jerambah Gantung, Kecamatan Gabek, Pangkalpinang, ditandai dengan acara nganggung bersama di masjid Al

BANGKAPOS.COM - Perayaan 1 Muharram 1441 Hijriyah di Kelurahan Jerambah Gantung, Kecamatan Gabek, Pangkalpinang, ditandai dengan acara nganggung bersama di masjid Al Hikmah, Minggu (1/9/2019).

Namun rangkaian menyemarakkan tahun baru islam ini bukan hanya itu saja. Warga sekitar membuka rumahnya untuk didatangi sanak saudara, teman atau rekan kerja layaknya lebaran Idulfitri.

Seperti dikatakan Andi Lala, seorang tokoh pemuda di kawasan tersebut, acara 1 Muharram nganggung di sepanjang jalan sudah dilakoni warga sekitar lima tahun lalu.

Nganggung merupakan tradisi masyarakat Bangka yang makan bersama dengan hidangan di atas dulang. Sedangkan open house layaknya lebaran, dilakukan untuk menjalin silaturahmi dan menjaga persatuan umat.

"Kalau lebaran Idulfitri paling tamu kita cuma sedikit. Tapi kalau Muharram, semua berbondong-bondong ke sini. Jalin silaturahmi dan ini tradisi kampung kami," ujar Andi Lala.

Dia menuturkan, open house dilakukan selama satu hari pada 1 Muharram. Berbagai makanan khas lebaran seperti ketupat, lepat, rendang sampai sambal ati tersedia. Selain itu makanan ringan juga tersusun rapi dalam toples yang berjajar di atas meja.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved