Penelitian Dosen Stisipol Pahlawan 12, Guru Belum Optimal Mendukung Budaya Literasi

Yang Gusti Feriyanti mengatakan ada beberapa rekomendasi penting untuk guru dalam meningkatkan kemampuan literasi pelajar

Penelitian Dosen Stisipol Pahlawan 12, Guru Belum Optimal Mendukung Budaya Literasi
Istimewa/ Widya H
Foto bersama saat seminar dosen yang dilaksanakan Lembaga Riset dan Inovasi Kampus Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat di ruang sidang kampus Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat, Jumat (30/08/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Lembaga Riset dan Inovasi Kampus Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat menyelenggarakan kegiatan seminar dosen di ruang sidang kampus.

Seminar dengan tema “Pengembangan Model Literasi melalui Dongeng dalam Memotivasi Membaca dan Menulis Berbasis Bahasa Indonesia” ini diisi oleh Dosen Stisipol Pahlawan 12, Yang Gusti Feriyanti serta dihadiri oleh para dosen, pengawas, dan perwakilan mahasiswa.

Tema ini diangkat sebagai bahan penelitian yang dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melakukan observasi di sekolah tingkat dasar di Sungailiat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa-siswi masih banyak yang rendah dikarenakan beberapa faktor seperti peran guru belum optimal, masih ada stigma tertentu terhadap siswa, faktor keterlibatan orang tua, serta belum optimalnya pemanfaatan fasilitas yang ada.

“Masih banyak siswa-siswi yang kemampuan literasinya minim dan minat membaca mereka rendah, padahal sarana perpustakaan sangat mendukung kegiatan literasi mereka. Oleh karena itu, peran guru sangat dibutuhkan termasuk peran partisipasi untuk memotivasi siswa-siswi dalam meningkatkan minat membaca dan menghilangkan stigma tentang keterbatasan kemampuan siswa, serta keterlibatan orang tua juga sangat dibutuhkan.” ujar Yang Gusti Feriyanti seperti dikutip dalam rilis pers yang diterima bangkapos.com, Minggu (1/9/2019)

Yang Gusti Feriyanti mengatakan ada beberapa rekomendasi penting untuk guru dalam meningkatkan kemampuan literasi pelajar, di antaranya meningkatkan keterlibatan serta interaksi antara guru dan siswa didalam kelas. Melakukan pendekatan personal dan member motivasi dengan memberikan reward kepada siswa, menstimulus siswa/siswi untuk menulis cerita dan memaparkannya didalam kelas, serta melakukan budaya membaca di perpustakaan dengan melibatkan guru untuk memberi tugas menulis isi materi buku kepada siswa.

Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Pengajaran Stisipol Pahlawan 12, Shulby Yozar Ariady mengatakan, kegiatan seminar dosen ini merupakan kegiatan bulanan dan harapannya kedepan dapat memotivasi para dosen untuk meningkatkan kinerja serta kualitas penelitian di kampus.

"Kegiatan seminar ini juga akan ditindak lanjuti dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi," kata Shulby.

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved