Advetorial

30 Peserta Belajar Mengolah Jamur Tiram

UT merupakan perguruan tinggi yang rutin melaksanakan kegiatan pengabdian setiap tahun Salah satu bentuk dari tridarma perguruan tinggi adalah PKM

30 Peserta Belajar Mengolah Jamur Tiram
ist/30 Peserta Belajar Mengolah Jamur Tiram
Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 31 Agustus 2019, mengangkat tema ‚ÄúPengolahan, Pengemasan, dan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa Bukit Kijang 

BANGKAPOS.COM--  Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi yang rutin melaksanakan kegiatan pengabdian setiap tahun. Salah satu bentuk dari tridarma perguruan tinggi adalah pe­ngabdian kepada masyarakat (PkM).

Ketua tim, Yusuf SE MM mengatakan, program PkM yang dilakukan merupakan program kemitraan yang bersinergi harmonis antara Universitas Terbuka Pangkalpinang, Universitas Bangka Belitung, dengan Pemerintahan Desa Bukit Kijang. Program yang dijalankan harus berorientasi pada kerja sama dan berkelanjutan.

Fokus utamanya adalah upaya para akademisi meningkatkan taraf hidup masyarakat agar lebih baik sehingga teori dan ilmu yang didapat bisa diterapkan untuk kemajuan masyarakat.

Untuk kedua kalinya di tahun ini, program PkM yang diketuai Yusuf, SE MM selaku dosen UT Pangkalpi­nang dan beranggotakan tiga dosen Universitas Bangka Belitung yaitu Christianingrum, SPd MM, Anggraeni Yunita, SE MSi, dan Gigih Ibnu Prayoga, SP MP melakukan kegiatan pengabdian di Desa Bukit Kijang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 31 Agustus 2019, mengangkat tema “Pengolahan, Pengemasan, dan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa Bukit Kijang”.

Kegiatan diawali de­ngan pengolahan jamur tiram menjadi olahan seperti nugget jamur, cah jamur, jamur crispy dan bakso jamur. Setelah itu dilanjutkan dengan paparan oleh Yusuf, SE MM me­ngenai cara pengemasan dan strategi pemasaran yang bisa dilakukan oleh ibu-ibu untuk memasarkan produk olahan jamur.

Kegiatan yang dihadiri oleh 30 peserta yang merupakan ibu PKK di Desa Bukit Kijang tersebut merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan pengabdian yang sudah dirancang.

Program dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu sosialisasi dan budi daya jamur, pengolahan, pengemasan, serta strategi pemasaran produk yang disajikan oleh tim dosen langsung dan dipraktikkan kepada masyarakat. Selama kegiatan berlangsung, para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sampai akhir.

Idryansyah selaku Kepala Desa Bukit Kijang, sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini. Ia berterima kasih karena Universitas Terbuka dan Universitas Bangka Belitung bisa berkontribusi bagi kemajuan Desa Bukit Kijang. Idryansyah berharap agar lebih banyak lagi kegiatan pengabdian bisa dilakukan di desanya.

Sementara, Yusuf, SE MM mengakhiri kegiatan pengabdian dengan ucapan terima kasih tak terhingga kepada seluruh perangkat desa, terutama kepada Idryansyah selaku Kepala Desa Bukit Kijang dan ibu PKK beserta jajarannya.

“Semoga ilmu dan praktik yang telah dilakukan dapat dilanjutkan sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Semoga bersama-sama mampu mewujudkan spirit SDM maju Indonesia unggul masyarakat Desa Bukit Kijang sejahtera,” ujarnya.

Di akhir kegiatan, salah seorang peserta me­ngatakan, “Insyaallah pelatihan pengolahan makanan hari ini akan kami praktikkan dan kami akan membuka usaha dengan olahan jamur tiram. Dan terima kasih kepada para pengabdi yang sudah bersedia untuk memberikan waktu dan ilmunya bagi kami masyarakat Daerah Bukit Kijang.” (advertorial/shi)

Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved