Dindukcapil Bangka Tengah: KIA Tidak Hanya Sebagai Kartu Identitas

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bangka Tengah hingga saat ini masih lakukan proses untuk pengembangan dan inovasi Kartu Identitas Anak

Dindukcapil Bangka Tengah: KIA Tidak Hanya Sebagai Kartu Identitas
(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)
Kepala Dindukcapil Bangka Tengah, Julhasnan 

BANGKAPOS.COM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bangka Tengah hingga saat ini masih lakukan proses untuk pengembangan dan inovasi Kartu Identitas Anak (KIA) di tingkatan provinsi Bangka Belitung.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bangka Tengah, Julhasnan menyebutkan saat ini KIA yang dikeluarkan oleh pihaknya hanya dapat digunakan sebagai kartu identitas saja namun belum ada fasilitas lainnya yang bisa didapat.

"Prosesnya tentu masih sangat panjang, namun akan tetap kami usahakan agar nantinua kartu ini bermanfaat tidak hanya sebagai identitas," ujar Julhasnan kepada bangkapos.com,  Senin, (2/9/2019).

Kartu Identitas Anak (KIA) disebutkan Julhasnan merupakan kartu pengganti KTP bagi anak-anak yang berusia baru lahir (0 tahun) hingga 17 tahun.

Seperti halnya KTP, di KIA akan ada identitas pemilik kartu mulai dari nama hingga yang lainnya.

Hanya saja di KIA ini lanjut Julhasnan pemilik tidak diharuskan untuk lakukan perekaman sidik jari dan retina mata serta bagi anak-anak berusia 0-5 tidak disertai dengan foto.

Inovasi yang saat ini sedang diusulkan oleh Dindukcapil yaitu agar nantinya KIA yang dimiliki oleh anak-anak dapat juga digunakan untuk berbelanja keperluan sekolah atau liburan.

"Kita harapkan nantinya dengan KIA, anak-anak sekolah dapat membeli buku sekolah dengan potongan harga, bermain air di wahana air juga dapat potongan harga sehingga bermanfaat kartunya tidak hanya sebagai kartu biasa," ujarnya.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved