Berita Bangka Tengah

Gunung Mangkol Masih Dijarah, Kekeringan Akan Terus Terjadi di Pangkalan Baru

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bangka Tengah, Hasan Basri menyebutkan kekurangan air akan terus dirasakan oleh masyarakat Bangka Tengah

Gunung Mangkol Masih Dijarah, Kekeringan Akan Terus Terjadi di Pangkalan Baru
(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bangka Tengah, Hasan Basri 

BANGKAPOS.COM - Meski hujan pernah turun di beberapa wilayah Bangka Belitung beberapa waktu lalu, namun kekeringan masih tetap dirasakan di Bangka Belitung, khususnya di Bangka Tengah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bangka Tengah, Hasan Basri menyebutkan kekurangan air akan terus dirasakan oleh masyarakat Bangka Tengah khususnya di Kecamatan Pangkalan Baru dan sekitarnya jika Gunung Mangkol masih dijarah.

Sebagai pengelola sistem pengelolaan air minum (SPAM) di Pangkalan Baru, Hasan Basri menyebutkan resapan air dari beberapa tahun lalu sudah mulai berkurang di kawasan pemukiman yang berdekatan dengan Gunung Mangkol akibat semakin sedikitnya pohon yang dapat menahan air.

"Saat ini kan kondisi Gunung Mangkol jika kita lihat dari ketinggian akan seperti Kepala Profesor yang bagian tengahnya kosong dan hanya lebat pada bagian sisi saja," ujar Hasan Basri kepada bangkapos.com.

Kondisi ini disebutkan Hasan karena maraknya penebangan pohon di Gunung Mangkol, baik untuk perkebunan warga maupun kepentingan lainnya, dan jika terus dibiarkan maka penggundulan akan sangat cepat tanpa adanya penanaman kembali.

Kekeringan akan terus terjadi disebutkan Hasan karena lahan yang semakin kosong.

"Kalo lahan nya kosong kan ketika hujan maka airnya akan terus menuruni gunung tanpa ada penyerapan ke dalam tanah dan itu banyak dampaknya mulai dari kekhawatiran kering saat kemarau dan banjir saat hujan," lanjutnya.

Demi kepentingan semua masyarakat, Hasan menghimbau agar penebangan pohon di Gunung Mangkol dihentikan karena dampaknya sangat banyak.

Terhadap lahan yang sudah gundul, Hasan berharap penanaman kembali dapat terus digalakkan agar anak cucu dimasa mendatang tak mengalami kesialan yang menyebabkan kerugian.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Tags
kekeringan
Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved