Advetorial

Molen Wacanakan Tahun Depan Lebih Beda dan Unik

GEBYAR tahun baru Islam 1 muharram 1441 Hijriyah di Kota Pangkalpinang dihiasi berbagai acara keagamaan

Molen Wacanakan Tahun Depan Lebih Beda dan Unik - molen-wacanakan-tahun-depan-lebih-beda-dan-unik.jpg
ist/Molen Wacanakan Tahun Depan Lebih Beda dan Unik
GEBYAR tahun baru Islam 1 muharram 1441 Hijriyah di Kota Pangkalpinang dihiasi berbagai acara keagamaan dan pawai taaruf
Molen Wacanakan Tahun Depan Lebih Beda dan Unik - nuansa-open-house-di-beberapa-lokasi-di-wilayah-pangkalpinang.jpg
ist/nuansa open house di beberapa lokasi di wilayah Pangkalpinang
GEBYAR tahun baru Islam 1 muharram 1441 Hijriyah di Kota Pangkalpinang dihiasi berbagai acara keagamaan dan pawai taaruf

BANGKAPOS.COM-- Gebyar tahun baru Islam 1 muharram 1441 Hijriyah di Kota Pangkalpinang dihiasi berbagai acara keagamaan. Mulai dari pawai taaruf di Alun-Alun Taman Merdeka hingga nganggung dan nuansa open house di beberapa lokasi di wilayah Pangkalpinang.

Menyemarakan tahun baru islam, pemerintah Kota Pangkalpinang terus menggelorakan kepada mas­yarakat mengenai tradisi 1 Muharram yang biasa nya dilakukan seperti pawai taaruf dan nganggung tersebut.

Sedikitnya ada 138 regu TK/TPA di Pangkalpinang yang ikut serta menyemarakan pawai taaruf pada 29 Agustus kemarin. Mereka mengitari sejumlah titik dari ATM dengan rute sejauh empat kilometer.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, mewacanakan akan mengadakan pawai taaruf berbeda dibandingkan biasanya. Dia merencanakan pawai taaruf dilakukan pada malam hari dan masing-masing regu membawa obor saat mengitari rute pawai.

Hal ini, menurut Molen tentu akan menjadi pembeda dan menambah warga, juga menambah nilai jual wisata Pangkalpinang. Molen meng­inginkan, ada panggung kehormatan yang disiapkan untuk melepas regu TK/TPA tersebut. Pawai taaruf juga akan dibentuk bukan se­perti pawai biasa, melainkan akan diperlombakan kostum maupun penampilan yang menarik.

“Saya wacana tahun depan lebih beda dan unik. Yang saat ini bagus, tetapi saya ingin lebih meriah dan beda lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Pawai taarufnya jangan biasa, kita buat unik dan menarik. Mungkin bisa kita lombakan. Yang menang akan dikasih penghargaan dan hadiah,” kata Molen.

Molen ingin perayaan tahun baru Islam begitu menggelora di Pangkalpinang. Juga tertanam kuat dalam diri masyarakat untuk ikut menyemarakkan setiap acara keagamaan di kota dengan jargon kota beribu senyuman itu. Selain disambut dengan pawai taaruf, acara keagamaan umat muslim ini akan berlangsung di Pangkalarang dan Jerambah Gantung, seperti acara lebaran atau nganggung adat dari masyarakat Bangka.

Dia pun turut hadir di teng­ah-tengah masyarakat Kelurahan Jerambah Gantung, Kecamatan Gabek, untuk nganggung dan merayakan tahun baru islam bersama warga di sana. Molen terlihat akrab berbaur bersama masyarakat. Selain dia, sejumlah kepala OPD, staf ahli, camat beserta lurah Jerambah Gantung hadir untuk mengikuti Nganggung.

Dia terlihat menyantap masakan khas lebaran seperti lepat, rendang hingga sambal ati. Setelah mencicipi makanan, Molen juga berbincang dengan warga yang duduk bersama dengan diri nya.
“Tidak ada yang kurang. Acara ini sangat bagus. Ini lebih mengikat tali silaturahmi kita agar tetap terjaga,” ujar Molen ditemui usai acara Nganggung.

Molen memaknai 1 Muharram sebagai momentum intropeksi diri dan hijrah ke arah lebih baik. Molen berharap kedepan, baik pri­badi maupun pemerintah dan jajarannya dapat semakin baik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai pengabdiannya kepada kota kelahiran.

“Tahun depan kita sudah ada rencana, tapi akan kita lihat juga terkait penganggarannya. Memang harus ada satu kegiatan yang jadi ikon di kota Pangkalpinang saat ada momen besar seperti ini,” ungkap Molen.

Selain diadakan di Kelurahan Jerambah Gantung, acara serupa juga digelar di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Pangkalbalam, yang dihadiri Sekda Pangkalpinang, Radmida Dawam. (advertorial/q6/mun)

Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved