Berita Sungailiat

Upaya Naikkan Harga Lada, Pemkab Bangka Kerjasama dengan Pabrik Sosis

Bupati Kabupaten Bangka mengatakan tujuan menjual lada yang telah digiling ini agar bisa menaikkan harga lada

Upaya Naikkan Harga Lada, Pemkab Bangka Kerjasama dengan Pabrik Sosis
bangkapos/Riki Pratama
Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Upaya meningkatkan harga jual lada yang sampai saat ini masih diangka Rp 50 ribu perkilogramnya, Pemerintah Kabupaten Bangka telah melakukan kerjasama dengan perusahaan pabrik Sosis untuk menjual bubuk lada yang berasal dari Kabupaten Bangka.

Bupati Kabupaten Bangka mengatakan tujuan menjual lada yang telah digiling ini agar bisa menaikkan harga lada, yang saat ini terus merosot harganya.

"Jadi gini, kendala masalah komoditi kita yang merupakan primadona dari kakek nenek kita, yaitu lada, selama ini kita jual berupa biji saja, ketika pasaran dunia tidak membaik harga tetap seperti inilah tidak bisa mendongkrak, sehingga kita menyampaikan ke Pemerintah pusat seperti apa, apa ada pasar di tingkat domestik ini kita lakukan," ungkap Mulkan kepada wartawan, Senin (2/9/2019).

Ia menambahkan, Pemkab Bangka telah mendapatkan bantuan alat penggiling lada, yang nantinya akan digunakan untuk menggiling lada agar menjadi bubuk lalu dipasarkan ke Pabrik sosis yang akan membeli lada tersebut.

"Alhamdulilah setelah kita datang ke Kementrian, mereka menyambut baik, akan ada membantu mesin penggilingan menjadikan bubuk lada mereka akan membantu marketnya juga, kita tinggal membentuk kelompok di Kecamatan mana banyak hasil terbanyak, seperti di Kemacaman Bakam, kita akan mendirikan penggilingan tepung lada, nanti setelah digiling menjadi bubuk baru hasilnya dijual ke pabrik sosis tadi," ungkap Mulkan.

(Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved