Wujudkan Pengelolaan Koperasi yang Berkualitas dan Profesional, Dinas KUKM Gelar Bimtek SPI

"Dalam pengelolaan koperasi yang sehat, harus ada peraturan, kebijakan yang reasonable dan implemented.

Wujudkan Pengelolaan Koperasi yang Berkualitas dan Profesional, Dinas KUKM Gelar Bimtek SPI
Dinas KUKM
Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM saat membuka Bimtek Sistem Pengendalian Intern (SPI) Koperasi, di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Senin (2/9/19). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Pemerintah terus melakukan peningkatan kualitas SDM Koperasi. Salah satunya melalui Bimtek Sistem Pengendalian Intern bagi pengurus koperasi. Hal ini dilakukan guna mendorong pengelolaan koperasi secara lebih baik dan profesional sehingga mampu berdaya saing.

Demikian kata Arpandi, Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM saat membuka Bimtek Sistem Pengendalian Intern (SPI) Koperasi, di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Senin (2/9/19).

Bimtek SPI akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 2-5 September 2019 dan diikuti sebanyak 30 orang peserta dari koperasi-koperasi yang berasal dari Kab Bangka, Kab Babar, Kab Basel dan Kota Pangkalpinang.

Arpandi mengatakan bahwa koperasi harus dikelola dengan sangat baik dan profesional. Untuk itu perlu didukung dengan SDM pengawas internal yang handal guna terwujudnya pelaksanaan good cooperative governance.

"Dalam pengelolaan koperasi yang sehat, harus ada peraturan, kebijakan yang reasonable dan implemented, didukung dengan penerapan SPI yang baik oleh SDM yang handal," ujarnya.

Penerapan SPI sangat penting dilakukan dalam koperasi. Menurut Arpandi, dengan penerapan SPI dapat memudahkan pengurus mengetahui kesalahan atau penyimpangan yang terjadi dalam menjalankan koperasi. Karena SPI berfungsi untuk mengendalikan aktivitas usaha koperasi.

"SPI itu alat yang digunakan untuk mengendalikan manajemen dari penyelewengan wewenang dan prosedur sehingga dapat meminimalisir risiko kerugian. SPI harus dilakukan secara rutin agar tujuan koperasi dapat tercapai," katanya.

Ditambahkannya, koperasi sebagai badan usaha harus dikelola dengan baik seperti layaknya badan usaha lain. Selain itu, pengelolaan koperasi yang profesional membutuhkan sistem pertanggungjawaban dan informasi yang relevan serta dapat diandalkan.

"Pengelolaan koperasi yang profesional dan didukung sistem pengawasan yang handal dapat menjamin terpenuhinya pelayanan kepada anggota dan masyarakat yang memuaskan," tambahnya.

Terkait dengan bimtek SPI, Ia berharap para pengurus maupun pengawas koperasi dapat melakukan fungsi pelayanan dengan baik dan profesional. Sehingga, kepercayaan anggota dan masyarakat kepada koperasi semakin besar.

"Semoga bimtek ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kinerja koperasi, perekonomian dan kesejahteraan anggota dan masyarakat," harap Arpandi.

Sumber : Dinas KUKM
Penulis : Surianto
Fotografer : Surianto

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved