Berita Pangkalpinang

BPBD Babel Catat hingga Agustus Lalu 1.000 Lebih Terjadi Kebakaran Lahan

Wilayah yang paling sering terjadinya kebakaran di Babel yakni Kabupaten Bangka Tengah, Bangka dan Belitung.

BPBD Babel Catat hingga Agustus Lalu 1.000 Lebih Terjadi Kebakaran Lahan
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa 

BANGKAPOS.COM-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat selama kemarau 2019 rata-rata terjadi 15 kejadian kebakaran lahan perhari di Babel.

Wilayah yang paling sering terjadinya kebakaran di Babel yakni Kabupaten Bangka Tengah, Bangka dan Belitung.

"Sehari rata-rata terjadi sebanyak 15 kejadian kebakaran di lahan Babel," kata Kepala BPBD Provinsi Babel, Mikron Antariksa.

.

Menurut Mikron, hingga akhir Agustus kemarin lebih dari 1.000 hektar kasus kebakaran lahan yang terjadi di Provinsi Babel.

Penyebabnya beragam, mulai dari pembakaran sampah, membuang puntung roko sembarangan, pembakaran oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan sebagainya.

"Sampai saat ini tetap melakukan pemantauan dimana saja terdapat hotspot di Babel melalui satelit, terlebih selalu melakukan koordinasi terhadap setiap OPD terkait di setiap kabupaten dan kota," katanya.

Dijelaskannya, untuk memudahkan koordinasi dalam penanggalungan bencana sebetulnya harus ada satgas di setiap kabuapaten dan kota.

Tujuannya guna memudahkan jika terjadi bencana, misalnya seperti kebakaran yang terjadi saat kemarau sekarang, mereka lebih memahami wilayahnya.

"Satgas-satgas ini sangat perlu dibentuk. Pasalnya satgas yang di bentuk di setiap kabupaten dan kota ini lebih menguasai medan serta mengetahui dimana sumber air baku untuk dijadikan sumber air guna memadamkan saat terjadi kebakaran," ungkap Mikron.

(Bangkapos/Nordin)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved