BPOM Pangkalpinang Sambut Positif GEMA CERMAT

Pencanangan GEMA CERMAT (gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat) Kota Pangkalpinang mendapat respon positif dari Balai POM Pangkalpinang.

BPOM Pangkalpinang  Sambut Positif GEMA CERMAT
bangkapos.cpm/Ira Kurniati
Kepala BPOM Pangkalpinang, Hermanto 

BPOM Pangkalpinang  Sambut Positif GEMA CERMAT

BANGKAPOS.COM - Pencanangan GEMA CERMAT (gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat) Kota Pangkalpinang mendapat respon positif dari Balai POM Pangkalpinang.

Kepala BPOM Pangkalpinang, Hermanto, mengatakan, pencanangan gema cermat sejalan juga dengan program BPOM pusat mengenai buang sampah obat.

Hermanto menuturkan, melalui gema ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana cara membeli, mengonsumsi, menyimpan maupun membuang sampah obat.

"Dari kemenkes sudah dicanangkan Gema Cermat ini dari tahun 2015. Sedangkan program BPOM secara nasional sejak 1 September kemarin juga mencanangkan ayo buang sampah obat. Jadi sangat selarasa sekali mengenai penggunaan dan pembuangan sampah obat ini," kata Hermanto, Senin (3/9/2019).

Dia menuturkan, pihaknya selalu melakukan pengawasan terhadap sebaran obat-obatan termasuk kepada distributor, apotik, toko ritel hingga toko kelontong.

Hermanto menyebut, masyarakat harus teredukasi pentingnya penggunaan obat ini agar jangan sampai malah menimbulkan efek samping dan racun dari penggunaan obat yang salah. Sementara untuk masa berlaku atau kadaluasa obat, tergantung dari pihak produsen atau pabrik yang mengeluarkan batas waktu sesuai dengan bahan baku yang digunakan.

(bangkapos.com/irakurniati)

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved