Advertorial

Dosen UBB Latih Masyarakat Produksi Pakan Ikan Mandiri

UBB bekerja sama dengan Pemerintah Desa Bukit Kijang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bateng, menggelar Pelatihan Produksi Pakan Ikan Mandiri

Dosen UBB Latih Masyarakat Produksi Pakan Ikan Mandiri
Ist/Dosen UBB Latih Masyarakat Produksi Pakan Ikan Mandiri
Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar Pelatihan Produksi Pakan Ikan Mandiri MELALUI Iptek bagi Masyarakat (IbM) yang merupakan bentuk pengabdian dosen sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Sabtu (31/8) 

BANGKAPOS.COM-- Melalui Iptek bagi Masyarakat (IbM) yang merupakan bentuk pengabdian dosen sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Sabtu (31/8) Universitas Bangka Belitung (UBB) bekerja sama dengan Pemerintah Desa Bukit Kijang, Kecamatan Namang, Kabupa­ten Bangka Tengah, menggelar Pelatihan Produksi Pakan Ikan Mandiri.

Kegiatan sebagai upaya efisiensi budidaya ikan air tawar ini didesain oleh kolaborasi tiga dosen UBB, yaitu Gigih Ibnu Prayoga, SP, MP, Denny Syahputra, SPi, MSi, dan Anggraeni Yunita, SE, Msi.

Pelatihan ini disambut baik oleh Pemerintah Desa Bukit Kijang, karena selaras de­ngan salah satu program desa dalam meningkatkan efisiensi budidaya ikan air tawar melalui pembuatan pakan ikan secara mandiri.

“Terima kasih kepada Tim Dosen UBB, yang telah berkontribusi dalam pelatihan pembuatan pakan ikan bagi kelompok tani Desa Bukit Kijang, ke­betulan sekali salah satu prog­ram Desa Bukit Kijang adalah budi daya ikan air tawar,” jelas ­Idriansyah, Kepala Desa Bukit Kijang, dalam sambutannya saat membuka acara pelatihan pembuatan pakan ikan.

Menurut Idriansyah, kendala yang dialami masyarakat adalah harga pakan ikan yang cukup tinggi sehingga meng­urangi margin pendapatan petani ikan.

“Karena itu dengan adanya pe­latihan ini, warga kami yang memiliki usaha budi daya air tawar, mendapat pengetahuan dalam pembuatan pakan ikan secara mandiri dengan menggunakan bahan baku yang cukup murah dan mudah didapat,” katanya.

Antusiasme kelompok tani Desa Bukit Kijang terlihat dari hadirnya sekitar 30 orang warga yang menghadiri kegiatan pelatihan tersebut. Materi yang disampaikan oleh Tim Dosen UBB dapat dipahami dengan baik oleh warga petani ikan air tawar.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Universitas Bangka Belitung melalui Tim Dosen andal yang telah memberikan kontribusi keilmuannya melalui kegiatan IbM ini,” imbuh Idriansyah.

Ia berharap ke depannya kerja sama seperti ini masih bisa berlanjut melalui skema-skema lain berupa penelitian, pengabdian dan Kuliah Kerja Nyata sehingga visi dan tagline “Bukit Kijang Unggul” dapat terlaksana.

Ketua Kegiatan IbM, Gigih Ibnu Prayoga, mengatakan bahwa program IbM ini terdiri dari dua kegiatan, yaitu pelatihan produksi pakan ikan air tawar mandiri, dan perhitungan biaya dan manfaat yang akan diterima petani ikan jika memproduksi pakan ikan secara mandiri.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah masyarakat ataupun BUMDes mampu memproduksi pakan ikan sendiri yang berasal dari bahan baku lokal, sehingga lebih efisien, mudah, murah, dan menguntungkan. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat terwujud masyarakat Desa Bukit Kijang yang mandiri dan sejahtera sebagaimana visi Desa Bukit Kijang,” kata Gigih.

Setelah pemaparan singkat mengenai pembuatan pakan ikan secara mandiri, warga diajak langsung oleh Tim Dosen UBB untuk ikut serta dalam proses pembuatan pakan ikan dengan menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari dedak, ikan kering, dan vitamin C yang telah disiapkan oleh Tim Dosen UBB.

Namun tim juga menjelaskan, bahwa bahan-bahan tersebut juga dapat diganti dengan bahan lain seperti bungkil inti sawit, rumput azolla, tepung keong mas, dan udang.
Selama praktek berlangsung, masyarakat terlihat antusias dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi dengan tim.

Dalam kegiatan ini tim UBB juga memberikan satu set mesin produksi pakan ikan untuk desa Bukit Kijang untuk dimanfaat masyarakat dalam pembuatan pakan ikan dalam skala kecil.
Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama Kepala Desa, Tim Dosen UBB dan warga petani ikan. (adv/win/*)

Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved