Pemerintah Kota Pangkalpinang Mencanangkan Gema Cermat

Pemerintah Kota Pangkalpinang mencanangkan GEMA CERMAT (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat), Selasa (3/9/2019). Ibu kota Babel

Pemerintah Kota Pangkalpinang Mencanangkan Gema Cermat
Bangkapos/irakurniati
Pencanangan gema cermat Kota Pangkalpinang, di ruang OR kantor wali kota, Selasa (3/9/2019) 

Pemerintah Kota Pangkalpinang Mencanangkan Gema Cermat

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Kota Pangkalpinang mencanangkan GEMA CERMAT (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat), Selasa (3/9/2019). Ibu kota Babel ini merupakan kota/kabupaten terakhir yang melakukan pencananganan.

Plt Kepala dinas kesehatan Pangkalpinang, Suriyanto mengatakan gerakan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penggunaan obat yang baik dan benar.

Pasalnya, menurut pengamatan dinas kesehatan, pola konsumsi obat dikalangan masyarakat masih belum memahami obat generik dan lebih memilih penggunaan obat paten.

Padahal, menurut Suriyanto kedua nya memiliki kualitas yang sama sehingga melalui gerakan ini para apoteker dan kader akan menyampaikan kepada nasyarakat.

"kita beri edukasi dan pencerahan kepada masyarakat supaya lebih cerdas dalam menggunakan obat. Selama ini ketika sakit, kita minum obat yang penting sembuh. Tetapi ada obat yang efek sampingnya malah menimbulkan sakit lain. Jadi, melalui gema cermat ini kita berikan penggunaan obat itu yang baik dan benar," ujar Suriyanto.

Dia menuturkan, setiap bulan nya PSDK melalui apoteker dan kader akan turun langsung ke setiap kelurahan dan menyampaikan sosialisasi penggunaan obat. Suriyanto berharap, masyarakat dapat cerdas dalam konsumsi obat agar tidak menimbulkan efek samping dari pengunaan obat tersebut.

Pencanangan gema cermat ditandai dengan pemukulan gendang yang dilakukan wakil wali kota Pangkalpinang, Muhammad Sopian, Kepala BPOM Pangkalpinang, Hermanto, forkopimda dan apoteker.

(bangkapos.com/irakurniati)

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved