Berita Sungailiat

ISPA Penyakit Dominan di Belinyu-Riausilip, 200 Pasien Perbulan

Penyakit medis yang diderita masyarakat Kecamatan Belinyu dan Kecamatan Riausilip didominasi penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

ISPA Penyakit Dominan di Belinyu-Riausilip, 200 Pasien Perbulan
(Bangkapos/Ferylaskari)
Dr Aswin, Direktur Rumah sakit DR Eko Maulana Ali Belinyu Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Penyakit medis yang diderita masyarakat Kecamatan Belinyu dan Kecamatan Riausilip didominasi penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Delapan bulan terakhir tercacat sekitar 1500 kasus atau rata-rata 200 orang pasien perbulan mendapat perawatan tim medis di Rumah Sakit DR Eko Maulana Ali Belinyu Bangka.

Direktur Rumah Sakit DR Eko Maulana Ali Belinyu Bangka, dr Aswin dikonfirmasi Bangka Pos, Rabu (4/9/2019) mengatakan, penyakit ini merupakan penyakit yang paling sering ditangani oleh pihaknya.

"Penyakit yang paling dominan adalah ISPA," kata Aswin.

Rata-rata dalam sebulan ada sekitar 200 orang pasien dari Kecamatan Belinyu dan Kecamatan Riausilip datang ke Rumah Sakit DR Eko Maulana Ali untuk meminta perawatan tim medis. Sehingga katanya, jika dihitung secara akumulatif, Januari hingga Agustus 2019, dipastikan rata-rata 1500 kasus ISPA yang terjadi di dua kecamatan itu.

"Data yang kami himpun rata-rata dalam sebulan ada sekitar 200-an pasien ISPA yang datang ke Rumah Sakit DR Eko Maulana Ali. Kalau dihitung selama delapan bulan terakhir, Januari hingga Agustus 2019, tercatat rata-rata 1500 kasus ISPA," katanya.

Pasien penyakit ISPA di dua kecamatan tersebut menurut Aswin, sebagian besar meminta rawat jalan. Penderita ISPA yang datang mengeluh sakit pada bagian saluran pernapasan yang menyebabkan batuk, pilek, demam atau flu.

Ia menyebut berbagai faktor penyebab atau pemicu penyakit ini. Faktor penyebab atau pemicu yang dimaksud antara lain karena pola hidup yang tidak sehat.

"Oleh karena itu tips utama agar terhindar penyakit ISPA, maka masyarakat harus menganut PHBS atau pola hidup bersih dan sehat," imbau pria muda nan ramah yang sempat dijuluki 'dokter gaul siap digedor' itu berbagi saran.

(Bangkapos/Ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved