Berita Pangkalpinang

Sahirman Benarkan Ada Informasi Seleksi P3K Tahun Ini Khusus untuk Honorer

Sahirman Jumli membenarkan adanya informasi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun ini

Sahirman Benarkan Ada Informasi Seleksi P3K Tahun Ini Khusus untuk Honorer
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Kepala BKPSDM Babel Sahirman Jumli 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Bangka Belitung Sahirman Jumli membenarkan adanya informasi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun ini akan dibuka khusus untuk tenaga honorer. Namun,  belum ada keputusan resmi dan petunjuk teknis terkait ini.

Hingga saat ini, BKPSDM Babel juga masih menunggu perkembangan ini, termasuk kepastian teknis penganggarannya. "Benar P3K untuk tenaga honorer. Tetapi di situ mungkin ada kriteria, misalnya untuk genaga honorer yang sudah berapa tahun, mungkin yang sudah 10 tahun, 15 tahun. Ini lebih teknis lagi. Belum ada kepastian resmi dari pusat mengenai ini, belum ada juknisnya," jelas Sahirman kepada bangkapos.com, Rabu (4/8/2019).

Ia mengatakan, pusat memang telah mengabarkan bahwa seleksi CPNS dan P3K 2019 bakal digelar Oktober 2019, tetapi, belum ada keputusan resmi mengenai penetapan formasi, jadwal tanggal hingga mekanisme pelaksanaanya nanti. "Kami menunggu keputusan resmi terkait ini," katanya.

Sahirman juga mengimbau agar masyarakat berhati-hati dengan informasi mengenai seleksi CPNS dan P3K tahun ini, termasuk pihak-pihak tak bertanggung jawab yang menawar-nawarkan bisa meluluskan pelamar menjadi CPNS dan P3K

Untuk itu dia mengatakan, informasi terkait rekrutmen ini bisa diakses di laman resmi websites Kemenpan RB atau BKPSDM. 

"Silakan akses di sana. Kalau belum ada pengumuman jangan percaya, bisa dikonfirmasi langsung ke BKPSDM. Kalau yang bisa menawar-nawarkan bisa meluluskan dengan sejumlah uang itu, juga jangan pernah dipercaya. Itu penipuan, dan sudah tidak zamannya lagi bayar-bayar seperti itu," ingat Sahirman. 

Melalui siaran pers Badan Kepegawaian Negara yang dikutip Kompas.com pada Rabu (7/8/2019) lalu?pemerintah telah mengumumkan secara resmi Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK (P3K) Tahun 2019.

Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK (P3K) Tahun 2019 diagendakan akan dilaksanakan pada Oktober 2019. Bima Haria Wibisana, Kepala BKN, memprediksi jumlah peserta seleksi CPNS dan PPPK (P3K) tahun 2019 ini akan mencapai 5,5 juta orang.

Formasi P3K tahap pertama ini dibuka khusus bagi tenaga honorer dengan jabatan guru, tenaga kesehatan, dosen, dan tenaga kependidikan PTN baru, serta penyuluh pertanian.

Total kebutuhan ASN nasional 2019 sejumlah 254.173 formasi yang mencakup 100.000 formasi CPNS dan 100.000 formasi P3K tahap kedua, dan sisanya sudah dilaksanakan pada seleksi P3K tahap pertama.

Sebanyak 108 lokasi di seluruh Indonesia dapat dimanfaatkan melalui fasilitas yang disediakan BKN dan bekerja sama dengan sejumlah instansi pusat dan daerah.

Jumlah ini tentu tidak cukup untuk pelaksanaan seleksi serentak sehingga beberapa opsi sedang disiapkan dengan kerja sama instansi di pusat dan daerah. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved