Berita Pangkalpinang

Ternyata Urus Akta Kelahiran Online di Bangka Belitung via WhatsAppTak Efektif, Begini Seharusnya

Belakangan pembuatan akta kelahiran lewat aplikasi online dinilai tidak efektif dan membutuhkan waktu sebab sistemnya harus dua kali kerja.

Ternyata Urus Akta Kelahiran Online di Bangka Belitung via WhatsAppTak Efektif, Begini Seharusnya
Dokumentasi Bangka Pos
Susanti Kepala Dinas DP3ACSKB Provinsi Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pembuatan akta kelahiran secara online bisa dilakukan di lima kabupaten di Babel seperti Kabupaten Bangka, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, dan Kabupaten Belitung Timur. Dua kabupaten kota lainnya, Pangkalpinang dan Bangka Barat belum bisa menerapkan ini karena kendala teknis koneksi ke pusat.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Catatan Sipil dan Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Kepulauan Bangka Beliting, Rabu (4/9/2019). Sebelumnya Susanti mengatakan layanan ini juga bisa diakses melalui aplikasi Whats App.

Belum diterapkan, ternyata belakangan cara ini dinilai tidak efektif dan membutuhkan waktu sebab sistemnya harus dua kali kerja. Akses pembuatan akta kelahiran online yang efektif adalah warga bisa langsung mengunjungi laman https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id .

"Kalau via WA ke petugas Disdukcapil perlu dua kali kerja, karena masyrakat perlu meminta bantuan petugas, tahapannya banyak. Petugasnya akan membantu, prosesnya sama saja. Prosesnya agak lama ketimbang membuka web sendiri," beber Susanti.

Dia mengatakan, pihaknya berharap warga bisa mengurus sendiri lewat laman yang ada agar pelayanan online ini bisa efektif.

"Dan bisa diakses di mana saja. Buka webnya, buat, bisa langsung di print. Kelebihannya, walau kepala dinasnya tidak ada di tempat untuk tanda tangan, aktanya bisa tetap jadi karena sudah pakai barcode. Kalau ada masalah, baru bisa lapor via WA ke petugas Disdukcapil Kabupaten Kota. ," ucapnya.

Beberapa waktu lalu, Susanti menyebut warga di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan bisa mengurus akta kelahiran secara online. Caranya adalah menggunakan via aplikasi Whats App.

Ini disampaikan Kepala DP3ACSKB Babel Susanti di sela bimtek penerbitan akta kelahiran secara online yang mengundang perwakilan Disdukcapil kabupaten kota se-Babel di Sun Hotel Pangkalpinang, Selasa (13/8/2019) silam.

Dia menjelaskan warga cukup memberitahukan permintaan pembuatan akta ke Disdukcapil melalui nomor WA yang akan disebar nantinya. Selanjutnya, petugas yang melayani akan menyampaikan persyaratan yang diperlukan. Warga lalu akan melengkapinya dengan cara difoto dan dikirim via WA.

Petugas kemudian akan mengecek dokumen persyaratan yang dikirimkan melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Setelah dipastikan datanya betul, petugas akan mengolah persyaratan tersebut dan menghasilkan barcode yang bisa digunakan warga untuk dicetak. Belakangan cara ini tak efektif, warga diharapkan bisa langsung membuka https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id .

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved