Breaking News:

Berita Pangkalpinang

8 Tips Mengatasi dan Ketahui Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat ini biasanya sering terjadi pada umur produktif 20 -25 tahun. Penyebab jerawat ini banyak, karena jerawat juga memiliki beberapa jenis.

bangkapos.com/Cici Nasya Nita
dr. Reni Apriliana, yang berkerja di klinik kecantikan di Pangkalpinang, Kimly Aesthetic Clinic Center 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Jerawat memang masalah wajah yang membuat resah bagi wanita maupun pria. Pasalnya penderita jerawat biasanya akan merasa kurang percaya diri dengan penampilannya.

Jerawat ini biasanya sering terjadi pada umur produktif 20 -25 tahun. Penyebab jerawat ini banyak, karena jerawat juga memiliki beberapa jenis.

Adapun penyebab jerawat dikarenakan infeksi bakteri Propionibacterium acnes, faktor keturunan, perubahan hormon, masa pubertas, kebersihan, pola hidup, makanan, penggunaan air, dan penggunaan kosmetik yang salah.

Ini dia ada 8 tips mengatasi jerawat oleh dr. Reni Apriliana, yang berkerja di klinik kecantikan di Pangkalpinang, Kimly Aesthetic Clinic Center. Tips ini bisa Anda gunakan untuk menghindari bahkan mengatasi jerawat yang sudah ada di wajah Anda.

1. Gunakan air bersih
Jika penggunaan air untuk mencuci wajah yang tidak bersih, akan menimbulkan reaksi brutusan kecil, dan gatal-gatal yang disebut jerawat sensitif. Sedangkan jerawat infeksi bakteri biasa jenis jerawat yang berisi nanah.

2. Pola makan harus diperhatikan
Anda perlu memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanan juga dapat memicu jerawat seperti jenis kacang-kacangan, seafood, dan telur. Sebab mengandung protein yang tinggi, kadang juga dapat menimbulkan alergi.

3. Hindari begadang
Saat pola tidur anda diatas jam 10 malam akan memicu terbentuknya jerawat, sebab ada perubahan hormon. Hal ini dikarenakan hormon progresteron, dan estrogen dalam keadaan tidak stabil. Biasanya tumbuh jerawat didaerah dagu. Hal ini juga berlaku apabila Anda stres, dan kelelahan.

4. Rutin membersihkan wajah
Anda juga harus sering membersihkan wajah dengan sabun atau air mineral sebanyak 3 kali sehari. Sabun yang Anda gunakan sebaiknya sabun yang dapat mengontrol minyak di wajah Anda. Bila Anda masih bingung dengan sabun yang sesuai untuk jenis wajah Anda, bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

5. Jagalah kebersihan
Anda juga perlu menjaga kebersihan lingkungan Anda, seperti memperhatikan sarung bantal saat Anda tidur, dan tangan Anda saat memegang wajah Anda.

6. Hindari pemakaian kosmetik salah/berlebihan
Penggunaan kosmetik yang salah atau terlalu berlebihan dapat memicu jerawat semakin banyak. Sehingga bila saat ini Anda sudah berjerawat kurangi pemakai kosmetik.

7. Jangan pernah pencet jerawat
Apabila Anda jerawatan, jangan pernah pencet langsung bagian wajah terkena jerawat. Jika Anda lakukan, dikhawatirkan nanti akan menyebar ke bagian wajah yang lain dikarenakan infeksi. Cukup dibiarkan saja, sebab jerawat memiliki fase peradangan, nanti juga akan hilang pada waktunya.

8. Jangan asal gunakan masker wajah
Penderita jerawat biasa akan berupaya menggunakan masker dari berbagai buah, dan tumbuhan. Penggunaan masker tersebut pun perlu diperhatikan, sebab jenis wajah seseorang berbeda, maka respon hasil pun akan berbeda. Misalnya masker lidah buaya mungkin akan cocok bagi Anda berjerawat tapi jenis wajah kering, sedangkan untuk Anda yang jenis wajah berminyak tidak dianjurkan untuk menggunakannya.

Nah itulah, cara mnghindari, dan mengatasi jerawat. Semoga bermanfaat.

(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved