Berita Pangkalpinang

Akan Ada Rencana Aksi Penanganan Kekeringan Lahan Pertanian di Desa Rias Bangka Selatan

Kepala Dinas Pertanian Kepulauan Bangka Belitung Juaidi menyatakan akan ada rencana aksi penanggulangan kekeringan lahan pertanian secara massal

Akan Ada Rencana Aksi Penanganan Kekeringan Lahan Pertanian di Desa Rias Bangka Selatan
Dokumen Bangka Pos
Kebun sayur di Kabupaten Bangka mengalami kekeringan karena musim kemarau, Kamis (23/7/2015). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Pertanian Kepulauan Bangka Belitung Juaidi menyatakan akan ada rencana aksi penanggulangan kekeringan lahan pertanian secara massal di Desa Rias, Bangka Selatan, pada 16 September 2019 mendatang. Penanganan kekeringan ini akan melibatkan berbagai unsur seperti TNI, Polri, hingga Balai Besar Wilayah Sungai VIII.

Juadi menyebut ada tiga rencana aksi penanganan kekeringan di Rias. Pertama, pipanisasi dari kolong sekitar untuk pengairan lahan yang terancam kekeringan.

Kedua, normalisasi saluran primer di sepanjang jalan Desa Rias. Ketiga, membuat codetan dari bendungan Mentukul ke Kolong Pumpu.

"Ini akan kami lakukan di Rias. Di sana ada 570-an hektare lahan pertanian yang terkena dampak kekeringan. Yang sudah kering benar 100 hektare, sisanya mau kami selamatkan," ucap Juaidi, Kamis (5/9/2019).

Dia mengatakan, pihaknya akan mengusahakan lahan pertanian yang ada di Basel tidak lagi teranc gagal panen. "Harus kami upayakan jangan gagal panen," katanya.

Selain di Rias, lahan pertanian yang juga terancam kekeringan adalah kawasan Danau Nujau, Belitung Timur. Juaidi mengklaim dampak kekeringan di sana sudah bisa di atasi dengan pembuatan codetan.

"Di sana sudah kekeringan lima hektare, yang lainnya sudah diantisipasi dengan pembuatan codetan," ucap Juaidi.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved