Hadiri Hari Anak Nasional, Bupati Markus: Bangka Barat Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA)

Kabupaten Bangka Barat berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA)

Hadiri Hari Anak Nasional, Bupati Markus: Bangka Barat Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA)
Ist
Bupati Bangka Barat, Markus SH, membubuhkan tanda tangan sebagai komitmen mewujudkan Kabupaten Layak Anak, Kamis (5/9). 

BANGKAPOS.COM - Kabupaten Bangka Barat berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan fokus pada upaya pencapaian 24 indikator yang disyaratkan.

Bupati Bangka Barat, Markus SH, saat menghadiri acara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Bangka Barat di Gedung Graha Aparatur Muntok, Kamis (5/9), menegaskan komitmen untuk menjadikan Bangka Barat sebagai Kabupaten Layak Anak.

Penegasan ini pun ditandai penggalangan komitmen bersama dan deklarasi Kecamatan Layak Anak dan Desa/Kelurahan Layak Anak lewat pembubuhan tandatangan lintas sektor antara lain oleh Bupati Markus mewakili Pemkab Bangka Barat, Kepala DP2ACSKB Provinsi Bangka Belitung Dra. Susanti M.AP, Kasdim 0431/Babar Mayor Arm. K. Gurusinga, Kepala PN Muntok Golom Silitonga, Ketua Pengadilan Agam Muntok, Kasat Sabhara Polres Babar, Dinas P2KBP3A Babar, Kejari Babar, Bhayangkari Cabang Babar, serta PKK Babar.

"Deklarasi ini menjadi wujud nyata akan perhatian dan peran serta Pemkab Bangka Barat, para pemangku kepentingan lintas sektoral serta seluruh komponen masyarakat lainnya dalam upaya memastikan dan menyediakan lingkungan yang menjamin tumbuh kembang dan perlindungan anak," kata Markus.

Kepala DP2ACSKB Provinsi Bangka Belitung, Dra. Susanti, M.AP menerangkan, untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak, perlu komitmen berbagai pihak yang berada di Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan, dan keluarga ramah anak.

Bupati Markus SH ketika membacakan deklarasi kecamatan, desa dan kelurahan layak anak pada acara puncak Hari Anak Nasional Bangka Barat, Kamis (5/9).
Bupati Markus SH ketika membacakan deklarasi kecamatan, desa dan kelurahan layak anak pada acara puncak Hari Anak Nasional Bangka Barat, Kamis (5/9). (Ist)

"Komitmen-komitmen ini tertuang pada rencana kegiatan yang berorientasi pada anak. Termasuk deklarasi tadi bermaksud untuk memotivasi dan mendorong terwujudnya kecamatan, desa atau kelurahan layak anak yang mampu mempromosikan, melindungi, memenuhi, dan menghormati hak-hak anak," jelasnya.

Menurut Susanti lagi, beberapa prinsip Kabupaten Layak Anak yang harus dipenuhi diantaranya non diskriminasi, berorientasi pada kepentingan terbaik untuk anak, melindungi hak-hak anak diantaranya hak untuk hidup, melangsungkan hidup serta tumbuh kembang.

"Kita apresiasi dukungan upaya-upaya perlindungan anak, dan kita sepenuhnya siap membantu. Tapi jangan lupa, untuk mewujudkan daerah ramah anak, semuanya harus juga dimulai dari keluarga," tukasnya.

(Humas Pemkab Bangka Barat)

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved