Timah

Indonesia Akan Ikut Memainkan Harga Timah di Pasar Dunia

“Sebagai penghasil timah, Indonesia tentu memiliki peran vital, untuk itu kita juga akan melakukan langkah-langkah strategis agar harga timah menguntu

Indonesia Akan Ikut Memainkan Harga Timah di Pasar Dunia
Bangka Pos/Ibnu Taufik Juwariyanto
CEO FORUM- Dirut PT Timah, duduk sebagai satu pembicara inti dalam CEO FOrum yang menjadi bagian penting dari gelaran ASIA TIN WEEK 2019 yang digelar di xian, China 3-5 September 2019 

BANGKAPOS.COM, XIAN - Indonesia, dalam hal ini PT Timah Tbk akan agresif ikut menentukan harga timah di pasar dunia. Tekad ini muncul saat Dirut PT Timah, Riza Pahlevi tampil sebagai pembicara di Asia Tin week 2019 yang digelar di xian, China, (5/9/2019) siang.

Tampil sebagai salah satu pembicara inti dalam sesi CEO Forum di konferensi ini, Riza Pahlevi mengaku akan melakukan rasionalisasi
produksi jika harga timah di pasar dunia tidak menguntungkan.

Upaya ini juga untuk menjawab langkah China yg juga akan melakukan langkah serupa.

“Kita semua tahu pasar timah ini ada di tangan mereka, tetapi kita juga bisa melakukan langkah serupa,” kata Riza Pahlevi.

“Sebagai penghasil timah, Indonesia tentu memiliki peran vital, untuk itu kita juga akan melakukan langkah-langkah strategis agar harga timah menguntungkan kami,” kata Riza

Ia juga berharap kedepan bisnis timah dunia akan semakin bergairah dengan perkembangan teknologi.

“PT Timah Tbk dalam hal ini juga akan menahan produksi, namun jika harga tetap turun maka perusahaan akan lakukan pengurangan produksi,” jelas Riza.

Langkah tersebut menurut Riza dilakukan mempertimbangkan kondisi ekonomi.

Untuk itu dengan teknologi yang dimiliki PT Timah, pihaknya juga me ngeklaim bisa serta merta menaikkan produksi saat harga timah bersahabat.

Kebijakan tersebut menurut Riza dilakukan lantaran disadari sepenuhnya bahwa timah adalah komoditas yang tak bisa diperbaharui.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Roesman dan Dirut PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani berdialog dengan delegasi Bolivia di acara Asian Tin Week
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Roesman dan Dirut PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani berdialog dengan delegasi Bolivia di acara Asian Tin Week (Bangka Pos/ Ibnu Taufik Juwariyanto)

Selain itu Ia juga menegaskan bahwa biaya reklamasi pasca penambangan juga tidak murah dan itu menjadi domain yang harus diperhatikan PT Timah.

Ditegaskan Riza, dalam sesi sebelumnya, Direktur Operasional PT Timah Alwin Albar juga menyampaikan bagaimana PT Timah dalam melakukan eksplorasi juga sangat memperhatikan keberlangsungan ekonomi pascatambang.

“Kami komitmen untuk melaksanakan penambangan mengutamakan good minning practice dari mulai eksplorasi sampai pascatambang,” kata Alwin yang tampil dalam sesi sehari sebelumnya. (*)

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved