Berita Pangkalpinang

Ini Kata Kadispertan Babel Keuntungan Program Integrasi Sapi Sawit

Integrasi sapi sawit sebenarnya bukan barang baru di Indonesia karena sudah diterapkan di daerah lain.

Ini Kata Kadispertan Babel Keuntungan Program Integrasi Sapi Sawit
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Kepala Dinas Pertanian Babel Juaidi 

BANGKAPOS.COM-- Integrasi sapi sawit sebenarnya bukan barang baru di Indonesia karena sudah diterapkan di daerah lain. Tak banyak kemudian perusahaan yang serius melaksanakannya dengan berbagai alasan, dan satu di antaranya tidak menguntungkan bagi perusahaan sawit.

Kepala Dinas Pertanian Kepulauan Bangka Belitung Juaidi tak membantah hal tersebut. Meski begitu, dia bilang, pihaknya justru ingin membantu perusahaan mendapatkan keuntungan lewat ternak.

Dinas Pertanin Babel akan membantu perusahaan dengan cara pendampingan integrasi sapi sawit.

"Ini termasuk pendampingan kesehatan ternaknya, inseminasi buatannya, kami akan dampingi. Kami tidak mau perusahaan rugi, harus untung. Kalau rugi ngapain ada program ini. Ini untuk peluang tambahan bagi perusahaan, dan juga peluang untuk pekerja kebun," beber Juaidi setelah acara launching Integerasi Sapi Sawit di kawasan Balai Pengkajian Teknologi Pertania, Desa Kace Timur, Bangka, Kamis (5/9/2019).

Sejauh apa Dinas Pertanian Babel optimistis bahwa swasembada yang diharapkan realistis untuk tercapai dalam tiga tahun, Juadi memberikan gambaran.

Saat ini ada 140 ribu hektare areal perkebunan kelapa sawit milik perusahaan yang produktif. Jika tiap 10 hektare diwajibkan satu sapi, maka ada 14 ribu sapi yang bisa diternakkan dengan pola integrasi sapi sawit.

"Kalau 14 ribu sapi, Babel swasembada. Insyaallah bisa dalam tiga tahun. Ini harus didukung kontribusi dan partisipasi perusahaan. Terkait sanksi, ini akan mempengaruhi penilaian kebun, tidak perlu sanksi lain. Biar semuanya enak," tegas Juaidi. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved